Jannah, Ro'ihatul (2025) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Bustanul Makmur Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Ro'ihatul Jannah_211101010043.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Kreativitas
Kurikulum Merdeka memunculkan kebijakan agar pendidikan mampu untuk melayani perbedaan yang ada pada peserta didik, sehingga muncullah pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, dalam kurikulum Merdeka juga terdapat kebijakan Profil Pelajar Pancasila, yang salah satunya adalah kreatif.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tahap awal pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Bustanul Makmur Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Bustanul Makmur Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana evaluasi dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Bustanul Makmur Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yakni data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), conclusion drawing and verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Pada penelitian ini keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dalam penelitian ini adalah: 1) tahap awal yang dilakukan pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam mengembangkan kreativitas peserta didik diawali dengan adanya kegiatan IHT (In House Training), guru membuat modul ajar, dan melaksanakan asesmen diagnostik, yang meliputi tes gaya belajar peserta didik, dan karakteristik peserta didik. 2) pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam mengembangkan kreativitas peserta didik ini melalui tiga tahap, yang meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti, serta, kegiatan penutup, yang meliputi refleksi dan tindak lanjut, serta salam. 3) evaluasi dari pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Bustanul Makmur Banyuwangi ini melalui tiga asesmen, yakni asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ro'ihatul Jannah |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:46 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |