Hubungan Pengalaman Mengajar Guru IPS dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021.

IMRO ATUL ISLAMIYAH, - (2021) Hubungan Pengalaman Mengajar Guru IPS dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
IMROATUL ISLAMIYAH_T20179079.pdf

Download (18MB)

Abstract

Hubungan Pengalaman Mengajar Guru IPS dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Pengalaman Mengajar Guru, Profesionalisme Guru, Hasil Belajar. Pengalaman mengajar erat kaitannya dengan peningkatan profesionalisme pekerjaan. Guru yang sudah lama mengabdi di pendidikan harus lebih professional dibandingkan guru yang beberapa tahun mengabdi tetapi pada kenyataannya masih ada guru yang memiliki masa mengajar yang sudah lama namun tidak professional. Observasi yang dilakukan di wilayah MTsN 1 Pasuruan diketahui masih ada guru IPS yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan juga masih ada guru yang belum professional, karena masih ada kurangnya kedispilinan guru ketika memasuki kelas pada pergantian jam pembelajaran, selanjutnya guru IPS kurang memberikan motivasi kepada peserta didik. Selain itu setiap guru IPS di MTsN 1 Pasuruan memiliki cara mengajar yang berbeda-beda dan durasi waktu mengajarnya pun berbeda-beda dan dilihat dari lama mengajarnya, guru yang telah lama mengajar memiliki pengalaman yang lebih baik untuk menghadapi siswasiswinya. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hubungan pengalaman mengajar guru IPS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui hubungan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021, serta 3) untuk mengetahui hubungan pengalaman mengajar guru IPS dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTsN 1 Pasuruan dengan jumlah lima guru IPS. Instrumen dalam penelitian menggunakan pedoman angket untuk mendapatkan skor dari profesionalisme guru. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Momen dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan signifikan antara pengalaman mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dengan angka korelasi rhitung menunjukkan 0,780 dan rtabel 0,754, 2) Terdapat hubungan signifikan antara profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa dengan angka korelasi rhitung menunjukkan 0,837 dan rtabel 0,754, 3) Terdapat hubungan signifikan antara pengalaman mengajar guru dan profesionalisme terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan dengan angka korelasi rhitung yang menunjukkan 0,807 dengan rtabel 0,754. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel mempunyai hubungan yang signifikan antara pengalaman mengajar guru dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di MTsN 1 Pasuruan tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:08
Last Modified: 21 Apr 2022 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item