Faiqotul Jannah, Siti (2025) Implementasi Media Quizizz Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIIG di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SITI FAIQOTUL JANNAH_211101010020.pdf Download (6MB) |
Abstract
Siti Faiqotul Jannah, 2025: Implementasi Media Quizizz Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIIG di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Keywords: Media Quizizz; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Jember masih menggunakan media konvensional sehingga menyebabkan siswa sering merasa bosan saat pembelajaran di kelas. Hal ini membuat guru PAI di SMP Negeri 4 Jember mengimplementasikan inovasi dalam pembelajaran. salah satu inovasi yang diterapkan adalah penggunaan media Quizizz, yang dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar lebih menarik dan interaktif. Melalui media Quizizz siswa diharapkan lebih aktif dalam proses pembelajaran. hal ini karena Quizizz merupakan media berbasis game yang mampu membangun suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menantang.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanan media Quizizz pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIIG di SMP Negeri 4 Jember?. 2) Bagaimana pelaksanaan media Quizizz pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIIG di SMP Negeri 4 Jember?. 3) Bagaimana evaluasi media Quizizz pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIIG di SMP Negeri 4 Jember?. 4) Bagaimana kendala media Quizizz pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIIG di SMP Negeri 4 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala media Quizizz pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIIG di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Jember, subyek penelitian yang terdiri atas guru PAI dan siswa kelas VIIG. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles Huberman dan Saldana yaitu melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kebsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Perencanaan Media Quizizz pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu, a) guru menetapkan materi pembelajaran, b) Guru membuat akun dan soal Quizizz dengan langkah-langkah berikut 1. membuat akun Quizizz dengan Sign Up menggunakan Email/Google, 2. pemilihan jenis pengguna dan peran yaitu sekolah dan guru, 3. mengisi data seperti judul, nama depan, dan nama belakang, klik “Continue” selesai pendaftaran akun, 4. Mengisi nama kuis dan mata pelajaran, 5. membuat kuis dengan memasukkan pertanyaan berupa soal HOTS dan membuat 4 pilihan jawaban, menetapkan jawaban yang benar, mengatur waktu pengerjaan, menentukan poin setiap soal, kemudian simpan pertanyaan, 6. Bagikan kuis kepada siswa dengan memilih fitur “Bagikan”, kemudia salin link dan kode kuis. 2) Pelaksanaan Media Quizizz pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu, a) Guru menyampaikan materi pembelajaran. b) Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi. c) Guru melakukan tanya jawab kepada siswa terkait materi pembelajaran. d) Guru meminta siswa untuk mempelajari materi yang telah dijelaskan. e) Guru meminta siswa untuk mengerjakan kuis berbentuk soal pilihan ganda melalui media Quizizz yang telah disipakan sebelumnya dengan langkah-langkah berikut, guru menjelaskan tujuan dan memberikan arahan mengerjakan Quizizz, guru memberikan tautan dan kode kuis, siswa mulai mengerjakan kuis, guru memantau skor dan progress siswa secara real-time, evaluasi dan pembahasan jawaban. f) Penutup yakni, guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa, menanayakan apakah siswa sudah paham terhadap materi, kemudian Bapak Nasihin menyimpulkan materi yang sudah dilajari, melakukan refleksi, Bapak Nasihin menjelaskan materi pada pertemuan selanjutnya serta memberikan tugas, do’a dan menutupnya dengan salam. 3) Evaluasi Media Quizizz pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu, Bapak Nasihin melakukan evaluasi media Quizizz pada pembelajaran melalui WhatsApp grup dengan meninjau tanggapan siswa dalam mengunakan Quizizz. hasilnya menunjukkan bahwa Quizizz mampu menjadikan siswa tidak bosan dan tidak monoton dalam pembelajaran karena menghadirkan suasana yang lebih menyenangkan, interaktif dan memotifasi siswa untuk belajar aktif. 4) Kendala Media Quizizz pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu, Kehabisan kuota internet, koneksi internet yang tidak stabil yang menyebabkan tiba-tiba keluar dari kuis, dan kehabisan baterai HP saat pelaksanaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Faiqotul Jannah |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:15 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |