Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2020/2021.

Nabila Putri Naily Zulfa, - (2021) Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Nabila Putri Naily Zulfa_T20168036.pdf

Download (10MB)

Abstract

Nabila Putri Naily Zulfa. 2021: Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Pembelajaran daring, Kesulitan belajar, Sistem peredaran darah. Pandemi Covid-19 berdampak pada kebijakan pemerintah untuk menyelenggarakan pembelajaran secara online atau daring. Aktifitas belajar siswa secara daring tidak selalu berlangsung dengan lancar namun terkadang siswa mengalami beberapa hambatan dalam proses belajarnya. Kesulitan belajar tersebut apabila tidak segera diatasi akan terus-menerus menganggu siswa dalam menerima pengetahuan baru serta menghambat siswa dalam mencapai ketuntasan belajar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah implementasi pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton?, 2) Apa sajakah jenis kesulitan belajar Biologi materi sistem peredaran darah siswa kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton? 3) Apa sajakah faktor- faktor yang mempegaruhi kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton?, 4) Bagaimanakah upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton selama pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton. 2) Untuk mendeskripsikan jenis kesulitan belajar Biologi materi sistem peredaran darah siswa kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton, 3 ) Untuk mendeskripsikan faktor- faktor yang mempegaruhi kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton, 4) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah kelas XI MA Arriyadlah Pandean Paiton. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan dan Verifikasi data. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang di peroleh dari data yang telah di kumpulkan yaitu:1) Dalam proses pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah, guru memberikan video pembelajaran interaktif kepada siswa melalui aplikasi whatsapp dan melakukan review materi melalui aplikasi google meet. 2) Jenis kesulitan belajar Biologi materi sistem peredaran darah yang di alami siswa ialah kesulitan belajar sedang yang dialami pada sebagian bidang studi dan sifatnya hanya sementara. 3) Faktor penghambat implementasi pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah yaitu kondisi jaringan yang tidak stabil dan kondisi ekonomi siswa yang sebagian besar kurang mampu. 4) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring pada materi sistem peredaran darah yaitu dengan cara memfasilitasi guru dan siswa menggunakan media pembelajaran yang berupa power point, aplikasi google meet dan video interaktif terkait materi biologi, merancang pembelajaran yang lebih sederhana namun tetap efektif dan menarik, menyediakan presensi, menyediakan Wi-Fi sekolah dan paket data belajar, serta menjalin kerjasama dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:08
Last Modified: 21 Apr 2022 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item