Penerapan Strategi Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX I Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 2 Ambulu Pada Tahun Pelajaran 2024/2025

Fahmi, Arini Naila (2025) Penerapan Strategi Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX I Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 2 Ambulu Pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RAMPUNG (212101090011)[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Gallery Walk, Hasil Belajar.
Rendahnya hasil belajar dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Ambulu, yang disebabkan oleh dominasi metode ceramah dan kurangnya variasi pembelajaran, melatarbelakangi penelitian ini. Penerapan strategi Gallery Walk diharapkan menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui interaksi aktif dan diskusi.
Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi Gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX I pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2024 / 2025. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan strategi Gallery walk pada kelas IX I di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2024 / 2025.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya dua pertemuan dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi guru dan siswa,post test, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas IX I SMP Negeri 2 Ambulu

Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Gallery Walk mengalami peningkatan efektivitas dari siklus I ke siklus II. Perencanaan pada siklus II difokuskan pada perbaikan kelemahan siklus I. Pelaksanaan pada kedua siklus melibatkan aktivitas Gallery Walk dengan penyesuaian pada siklus II. Pengamatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keaktifan dan hasil belajar siswa di siklus II (rata-rata 80,29; ketuntasan 82,75%) dibandingkan Siklus I (rata-rata 71,03; ketuntasan 41,37%). Refleksi pada Siklus II mengkonfirmasi keberhasilan strategi, didukung oleh umpan balik positif. Tindak lanjut dari siklus II adalah menghentikan penelitian karena indikator keberhasilan telah tercapai. Secara keseluruhan, Gallery Walk terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nona Arini Naila Fahmi
Date Deposited: 22 May 2025 04:35
Last Modified: 22 May 2025 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41191

Actions (login required)

View Item View Item