“Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTsN 5 Jember”. Pembimbing : Dr. Ach. Faridul Ilmi, M. Ag

MAHFUD SABILI, - (2021) “Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTsN 5 Jember”. Pembimbing : Dr. Ach. Faridul Ilmi, M. Ag. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
MAHFUD SABILI_T20173035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahfud Sabili, 2021: “Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTsN 5 Jember”. Pembimbing : Dr. Ach. Faridul Ilmi, M. Ag. Supervisi akademik adalah segala usaha dari pimpinan pendidikan untuk membantu, mengawasi, memperbaiki, mengembangkan guru dalam proses pembelajarannya, sehingga apa yang dikerjaan mereka dapat terlaksana secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan. Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember? 2) Bagaimana teknik-teknik supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember? 3) Bagaimana hambatan-hambatan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember. 2) Mendeskripsikan teknik-teknik supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember. 3) Mendeskripsikan hambatanhambatan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian saya terkait judul “Urgensi Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTsN 5 Jember”, yakni sebagai berikut: 1) Pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember ini sangatlah dibutuhkan. Dikarenakan sebagai media kepala madrasah/sekolah dalam rangka mengawasi serta membina kinerja para guruguru MTsN 5 Jember, khususnya pada bidang proses pembelajarannya, sehingga harapannya dari pelaksanaan supervisi akademik ini membawa perubahan yang signifikan. Pelaksanaan supervisi akademik di MTsN 5 Jember, yakni sebagai berikut: Pelaksanaan supervisi akademik pada semester ganjil dan semester genap. 2) Teknik-teknik supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah, yakni menggunakan teknik kunjungan kelas sekaligus mengobservasi kegiatan guru selama berlangsungnya proses belajar mengajar di dalam kelas. Kemudian terkait program-program MTsN 5 Jember guna meningkatkan kinerja guru khususnya dari segi proses pembelajaran, yakni bimbingan teknik (BIMTEK), Workshop, bekerja sama dengan balai diklat keagamaan Surabaya, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan berbagai pelatihan lainnya yang menunjang kinerja guru MTsN 5 Jember. 3) Hambatan-hambatan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru di MTsN 5 Jember, yakni berupa kepadatan kegiatan kepala madrasah diluar jam madrasah, sehingga berdampak pada pelaksanaan supervisi akademik ini terkadang mengalami penundaan. Kata kunci : Supervisi akademik, Peningkatan, Kinerja, dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:08
Last Modified: 21 Apr 2022 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item