Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Ensiklopedia Pada Mata Pelajaran Ips Materi Masa Praaksara Kelas VII Di Mts Mambaul Huda Ngraseh Tahun Pelajaran 2020/2021.

Athiyatul Hamidiyah, - (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Ensiklopedia Pada Mata Pelajaran Ips Materi Masa Praaksara Kelas VII Di Mts Mambaul Huda Ngraseh Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Athiyatul Hamidiyah_T20179025.pdf

Download (36MB)

Abstract

Athiyatul Hamisiyah, 2021: Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Ensiklopedia Pada Mata Pelajaran Ips Materi Masa Praaksara Kelas VII Di Mts Mambaul Huda Ngraseh Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Ensiklopedia, Mata Pelajaran IPS Kurang bervariasinya penggunaan bahan ajar dapat menjadikan proses pelaksanaan pembelajaran menjadi kurang maksimal. Ditambah dengan kurangnya pengalaman empiris peserta didik tentang suatu materi maka harus dibarengi dengan visualisasi lebih pada bahan ajar yang digunakan. Pengembangan bahan ajar IPS berbentuk ensiklopedia dapat menjadi alternatif solusi dari masalah yang ada. Sehingga dengan adanya variasi pada bahan ajar, diharapkan siswa dapat belajar dengan lebih giat serta dapat menjadi upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajar berbentuk ensiklopedia pada mata pelajaran IPS materi masa praaksara kelas VII di MTs Mambaul Huda Ngraseh tahun pelajaran 2020/2021. 2) Mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar berbentuk ensiklopedia pada mata pelajaran IPS materi masa praaksara kelas VII di MTs Mambaul Huda Ngraseh tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan merujuk pada model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian melibatkan 23 peserta didik kelas VII MTs Mambaul Huda Ngraseh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Produk bahan ajar yang dihasilkan divalidasi oleh validator yang ahli pada bidangnya, yakni: 1). Ahli materi dengan perolehan nilai 92% kategori sangat valid, 2) Ahli desain dengan perolehan nilai 92% kategori sangat valid, 3) Ahli bahasa dengan perolehan nilai 89% kategori sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berturut-turut mendapat berolehan: 1) Nilai 87.86% kategori sangat efektif, 2) Nilai 87,20% kategori sangat efektif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan berikut ini: 1) Bahan ajar IPS berbentuk ensiklopedia dinyatakan valid oleh validator yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar mata Pelajaran IPS di sekolah. 2) Bahan ajar IPS berbentuk ensiklopedia terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran IPS materi masa praaksara kelas VII ditandai dengan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:07
Last Modified: 21 Apr 2022 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item