Efektivitas Penggunaan Digital Storytelling Kanal Youtube “Kok Bisa?” pada Materi Lapisan Bumi IPA terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII MTsN 1 Lumajang.

Dwi Kurniadini, - (2021) Efektivitas Penggunaan Digital Storytelling Kanal Youtube “Kok Bisa?” pada Materi Lapisan Bumi IPA terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII MTsN 1 Lumajang. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPA.

[img] Text
Dwi Kurniadini_T201710040.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dwi Kurniadini, 2021: Efektivitas Penggunaan Digital Storytelling Kanal Youtube “Kok Bisa?” pada Materi Lapisan Bumi IPA terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII MTsN 1 Lumajang. Kata Kunci: digital storytelling, kanal Youtube “Kok Bisa?”, kemampuan kognitif, MTsN 1 Lumajang Didapat data persentase Penilaian Akhir Semester (PAS) siswa kelas VII MTsN 1 Lumajang mata pelajaran IPA yang tidak lulus KKM sebanyak 98%. Media pembelajaran yang dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu digital storytelling yang dapat diakses melaui platform Youtube melalui kanal “Kok Bisa?”, karena dibuktikan pada penelitian lain bahwa efektif dalam meningkatkan minat belajar. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan digital storytelling kanal Youtube “Kok Bisa?” pada materi lapisan bumi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di MTsN 1 Lumajang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan digital storytelling kanal Youtube “Kok Bisa?” pada materi lapisan bumi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di MTsN 1 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen yang menerapkan digital storytelling kanal Youtube “Kok Bisa?” pada pembelajaran IPA materi lapisan bumi siswa VII MTsN 1 Lumajang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pre test dan post test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasi belajar antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai signifikan skor post�test kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Hi diterima, sehingga penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan digital storytelling kanal Youtube “Kok Bisa?” terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII MTsN 1 Lumajang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:07
Last Modified: 21 Apr 2022 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item