Musrifah, Musrifah (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Musrifah_211101010011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: metode reward, metode punishment, keaktifan belajar siswa.
Keaktifan belajar siswa sangat penting untuk keberhasilan proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang berperan dalam membentuk karakter dan nilai-nilai spiritual siswa. Namun, masih banyak siswa yang cenderung pasif saat mengikuti pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan penerapan metode reward dan punishment agar siswa lebih termotivasi dan aktif dalam belajar.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh penerapan metode reward terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji?., 2) Adakah pengaruh penerapan metode punishment terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji?., 3) Adakah pengaruh penerapan metode reward dan punishment terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji?.
Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode reward terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode punishment terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode reward dan punishment terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasinya berjumlah 280 siswa kelas X, dengan sampel yang dibutuhkan berjumlah 74 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode reward berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji. Hal tersebut terbukti dari nilai thitung 4,411 dengan ttabel 1,993 sehingga thitung > ttabel dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha1 “diterima”, Ho1 “ditolak”. 2) Penerapan metode punishment berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji. Hal tersebut dibuktikan dari nilai thitung 3,020 dengan ttabel 1,993 sehingga thitung > ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05, maka Ha2 “diterima”, Ho2 “ditolak”. 3) Penerapan metode reward dan punishment berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI & BP di SMAN Rambipuji. Hal tersebut terbukti dari nilai fhitung 39,155 dengan ftabel 3,12 sehingga fhitung > ftabel dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha3 “diterima”, Ho3 “ditolak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ifa Musrifah Rifa |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:53 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |