Gezali, Moh. Fadil (2025) Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Ringan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember. Masters thesis, Uin KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi 211105020017 real (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Moh Fadil Gezali, Nur Ika Mauliyah, 2025: “Pengaruh Labelisasi Halal dan
Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Ringan pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember. “
Kata Kunci : Labelisasi Halal, Harga, Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian produk makanan ringan dikalangan mahasiswa di
pengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk labelisasi halal dan harga. Labelisasi halal memberikan jaminan terhadap kesesuaian produk dengan syariat Islam, sementara harga menjadi pertimbangan utama bagi mahasiswa dalam memilih produk sesuai dengan daya beli mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember.
Rumusan masalah penelitian ini 1) apakah labelisasi halal berpengaruh
terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember. 2) Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember. 3) Apakah labelisasi halal dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan secara simultan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember.
Tujuan penelitian ini 1) Menganalisis pengaruh labelisasi halal terhadap
keputusan pembelian produk makanan ringan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember. 2) Menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember. 3) Menganalisis pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember
Penenlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei
melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden, yang ditentukan
menggunakan rumus Slovin. Tekhnik sampel yang dipilih adalah Random
Sampling karena tekhnik penentuan sampel secara acak tanpa menentukan strata yang ada dalam populasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25.
Hasil analisis menunjukkan bahwa labelisasi halal (X1) dan harga (X2)
secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian Y. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, akan tetapi variabel yang lebih
dominan pada penelitian ini adalah labelisasi halal (X1) di bandingkan harga (X2)
karena labelisasi halal memberikan rasa aman dan kepercayaan dalam
mengkonsumsi sebuah produk. Dengan koefisien Determinasi (R2) sebesar 29,1%labelisasi halal (X1) dan harga (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.Sedangkan sisanya 70,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Moh. Fadil Gezali |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |