Amiq, Bahrul (2025) PEMBELAJARAN FIKIH MELALUI KITAB FATHUL MU’IN DALAM INTERNALISASI NILAI – NILAI UBUDIYAH DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AN NUR HAJI ALWI RAMBIPUJI JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Tesis - Bahrul Amiq (1).pdf Download (9MB) |
Abstract
Amiq, Bahrul. 2024. Pembelajaran fikih melalui Kitab Fathul Mu’in dalam
internalisasi nilai – nilai ubudiyah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren
An Nur Haji Alwi Rambipuji Jember. Proposal Tesis. Program Studi
Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Abdul Muhith, S.Ag.,
M.Pd, Pembimbing II: Dr. H. Mas‟ud, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Pembelajaran fikih, Kitab Fathul Mu’in, internalisasi nilai-nilai
ubudiyah.
Aktivitas pembelajaran sangat terikat dengan proses pencarian ilmu.
Aktivitas ini sangat penting untuk dilaksankan dalam kehidupan manusia, karena
manusia mengembangkan pengetahuan dan memperbaiki kehidupannya melalui
pembelajaran dan belajar. Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamien
menuntut umatnya untuk selalu melakukan pendidikan dengan belajar. Indonesia
yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam menganut madzhab Imam
Syafi'ie. Hal ini dikarenakan agama Islam yang pertama kali masuk adalah islam
bermadzhab Syafi'ie sehingga mayoritas dakwah penyebaran Islam di Indonesia
adalah Islam bermadzhab Syafi'ie. maka sudah seharusnya penekanan
pembelajaran pendidikan agama Islam berada pada madzhab imam Syafi'ie. salah
satu contohnya yakni pembelajaran kitab Fathul Mu’in, kitab yang mengajarkan
hukum Fikih menurut imam Syafi'ie.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana strategi Pembelajaran Fikih Melalui Kitab
Fathul Mu’in Dalam Internalisasi Nilai- Nilai Ubudiyah Di Madrasah Aliyah
Pondok Pesantren Annur Haji Alwirambipuji Jember?. 2) Bagaimana
Pembelajaran Fikih Melalui Kitab Fathul Mu’in Dalam Internalisasi Hukum Islam
Nilai- Nilai Ubudiyah Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Annur Haji Alwi
Rambipuji Jember?. 3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Fikih Melalui Kitab
Fathul Mu’in Dalam Internalisasi Nilai- Nilai Ubudiyah Di Madrasah Aliyah
Pondok Pesantren Annur Haji Alwi Rambipuji Jember?
Penelitian ini melalui pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Analisis
data melalui analisis data dari Miles Huberman, keabsahan data di uji dengan tiga
langkah, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan mengadakan
membercheck.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Strategi Pembelajaran Fikih Melalui Kitab
Fathul Mu’in Dalam Internalisasi Nilai- Nilai Ubudiyah Di Madrasah Aliyah
Pondok Pesantren Annur Haji Alwi Rambipuji Jember melalui strategi secara
langsung 2) methode Pembelajaran Fikih Melalui Kitab Fathul Mu’in Dalam
Internalisasi Nilai- Nilai Ubudiyah Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Annur
Haji Alwi Rambipuji Jember dengan mengunakan methode sorogan, ceramah dan
Tanya jawab 3) Evaluasi Pembelajaran Fikih Melalui Kitab Fathul Mu’in Dalam
Internalisasi Nilai- Nilai Ubudiyah Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Annur
Haji Alwi Rambipuji Jember dengan dua tes yakni tes formatif dan sumatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mr Bahrul Amiq |
Date Deposited: | 23 May 2025 13:17 |
Last Modified: | 23 May 2025 13:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |