PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS IX DI MTSN 2 BONDOWOSO

faizal, mohammad (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS IX DI MTSN 2 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UINKHAS JEMBER.

[img] Text
Mohammad Faizal_214101070011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Mohammad Faizal, 2025: Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 7E Terintegrasi STEM Berbantuan Geogebra Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transformasi Geometri Di kelas IX MTsN 2 Bondowoso.
Kata kunci: Model Pembelaran Learning cycle 7E terintegrasi STEM, Geogebra, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Transformasi Geometri
Permasalahan yang sering ditemukan adalah siswa sering mengantuk selama proses pembelajaran matematika bisa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan atau materi pembelajaran yang bersifat abstrak dan sulit seperti materi transformasi geometri. Kondisi tersebut mengakibatkan siswa mengalami penurunan minat belajar karena kurang paham, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E terintegrasi STEM berbantuan geogebra.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah mengikuti pembelajaran. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah mengikuti pembelajaran. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terintegrasi STEM berbantuan geogebra pada materi trasnformasi geometri terhadap keaktifan belajar siswa. 4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terintegrasi STEM berbantuan geogebra pada materi trasnformasi geometri terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttset Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan IXC sebagai kelas kontrol, pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi, teknis analisis data menggunakan uji Independent Samples T-Test dan uji Mann Whitney-U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata angket keakatifan belajar siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol; 2) Nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol; 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle 7E terintegrasi STEM berbantuan geogebra pada materi trasnformasi geometri terhadap keaktifan belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,027; 4) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle 7E terintegrasi STEM berbantuan geogebra pada materi trasnformasi geometri terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,001

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Mohammad Faizal
Date Deposited: 26 May 2025 03:15
Last Modified: 26 May 2025 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41292

Actions (login required)

View Item View Item