Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X di MAN 1 Pasuruan

Nabila Rizky Amalia, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X di MAN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Nabila Rizky Amalia_T20178030.pdf

Download (19MB)

Abstract

Nabila Rizky Amalia, 2021 : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X di MAN 1 Pasuruan Kata Kunci : Pengembangan media pembelajaran, adobe flash CS6 professional, pendekatan CTL, materi pencemaran lingkungan, model ADDIE. Pembelajaran di MAN 1 Pasuruan menerapkan sistem pembelajaran online sehingga segala aktivitas pembelajaran dilakukan secara online, baik kegiatan belajar mengajar pada materi pencemaran lingkungan. Materi pencemaran lingkungan membutuhkan contoh nyata pada lingkungan sehingga guru mengalami kesulitan untuk menyampaikan materi pencemaran lingkungan secara online. Guru menyampaikan materi melalui voice note whatsapp yang membuat pembelajaran menjadi monoton dan menyebabkan siswa kesulitan untuk memahami materi karena kurang memiliki gambaran terkait materi tersebut. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 professional menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 1 Pasuruan untuk membantu siswa dalam memahami materi pencemaran lingkungan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 professional menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 1 Pasuruan? 2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 professional menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 1 Pasuruan? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 professional menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 1 Pasuruan. 2) Untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 professional menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi) dan tahap Evaluation (evaluasi). Namun, penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap Development (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu dan situasti sekolah yang tidak mendukung. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Media pembelajaran dikembangkan melalui tahap analisis, pada tahap analisis guru membutuhkan media yang memudahkan penyampaian materi pencemaran lingkungan secara online dan siswa membutuhkan media yang dapat membantu dalam memahami materi kemudian melakukan tahap desain yang pada tahap ini dihasilkan desain media pembelajaran selanjutnya melakukan tahap pengembangan dengan memvalidasi produk kepada ahli media, ahli materi dan guru biologi 2) Validasi ahli materi, ahli media, dan guru biologi memperoleh keseluruhan rata-rata persentase sebesar 95,82% yang menujukkan media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:04
Last Modified: 21 Apr 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item View Item