Nur Mumu, Hubilah (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X PROGRAM KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
HUBILAH NUR MUMU_211101010092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Hubilah Nur Mumu, 2025: Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Program Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: penerapan, metode pembelajaran, discovery learning, keaktifan belajar, akidah akhlak.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keaktifan belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Di MAN 2 Banyuwangi, khususnya pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X Program Keagamaan, keaktifan belajar peserta didik perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, guru menghadirkan suatu inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning yang mendorong peserta didik untuk aktif berpartisipasi melalui penemuan dan eksplorasi konsep. MAN 2 Banyuwangi menerapkan berbagai metode pembelajaran aktif untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas X PK di MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas X PK di MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025? 3) Apa kendala dalam penerapan metode pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas X PK di MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian dilakukan di MAN 2 Banyuwangi. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang mencakup tahapan pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, hingga verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi kegiatan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Sementara keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) perencanaan metode pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas X PK di MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025 dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu merancang modul ajar, menentukan materi pembelajaran, menyiapkan bahan pembelajaran, mempersiapkan kesiapan peserta didik, serta penyampaian instruksi pembelajaran; 2) penerapan metode pembelajaran ini mengikuti tahapan-tahapan Discovery Learning dan mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik; 3) kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran Discovery Learning meliputi variasi kematangan berpikir peserta didik, penyalahgunaan penggunaan handphone selama pembelajaran, serta kurangnya rasa percaya diri peserta didik. Kendala-kendala tersebut diatasi melalui pemberian arahan, pengawasan, dan juga dukungan positif dari guru pengampu mata pelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | HUBILAH NUR MUMU |
Date Deposited: | 26 May 2025 04:30 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |