Pembelajaran Kitab Syifaul Jinan di Pondok Pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2020

IMAM ZAMRONI ZEIN, - (2021) Pembelajaran Kitab Syifaul Jinan di Pondok Pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
IMAM ZAMRONI ZEIN_084 141 139.pdf

Download (6MB)

Abstract

Imam Zamroni Zein, 2020: Pembelajaran Kitab Syifaul Jinan di Pondok Pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2020 Kata kunci: Kitab Syifaul Jinan, pondok pesantren Di zaman sekarang banyak santri maupun ustadz di pondok pesantren yang butuh terhadap kitab-kitab kecil yang mempunyai faedah yang besar seperti kitab Syifaul Jinan, karena sebagai pedoman dasar membaca Al-Qur’an bagi pemula atau santri yang kurang menguasai dalam membaca Al-Qur’an, Kitab Syifaul Jinan sering digunakan di kalangan pondok pesantren salaf, di dalam kitab Syifaul Jinan ada beberapa keunikan tersendiri untuk di pelajari, karena kitabnya tidak terlalu tebal dan mudah untuk dipahami dan juga terdapat kalam nadzam yang meliputi bacaan nun sukun sampai mad yang berjumlah 41 nadzam agar mudah dipahami oleh santri. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Proses Pembelajaran Kitab Syifaul Jinan di Pondok Pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2019?, 2) Bagaimana Tujuan Pembelajaran Kitab Syifaul Jinan di Pondok Pesantren Al�Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2019?, 3) Bagaimana Metode Pembelajaran Kitab Syifaul Jinan di Pondok Pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2019?. Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran kitab Syifaul Jinan di pondok pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2019, 2) Mendeskripsikan tujuan pembelajaran kitab Syifaul Jinan di pondok pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2019, 3) Mendeskripsikan metode pembelajaran kitab Syifaul Jinan di pondok pesantren Al-Kholafiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi,wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles, Huberman dan Saldana meliputi: koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Proses Pembelajaran Kitab Syifaul Jinan ada beberapa tahap yaitu pembukaan dengan doa, proses pembelajaran penjelasan materi oleh pengajar dan mengulang materi sebelumnya baru masuk materi baru dan tahap terakhir yaitu penutup dengan doa. 2) Tujuan pembelajaran kitab Syifaul Jinan yaitu memahamkan ilmu tajwid serta cara membacanya dan juga makhorijul hurufnya kepada semua santri pondok pesantren Al-Kholafiyah. 3) Metode pembelajaran kitab Syifaul Jinan di pondok pesantren Al�Kholafiyah Kabupaten Lumajang menggunakan metode ceramah di mana pengajar menjelaskan dan para santri mendengarkan lalu metode latihan, santri diminta mencari contoh bacaan terkait bab yang disampaikan dan surat ditentukan oleh ustadz/ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:04
Last Modified: 21 Apr 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4136

Actions (login required)

View Item View Item