KORELASI PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN DENGAN PERILAKU MENJAGA POLA MAKAN SISWA KELAS XI IPA DI MA TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN

Aulia, Firnanda Hilyaul (2025) KORELASI PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN DENGAN PERILAKU MENJAGA POLA MAKAN SISWA KELAS XI IPA DI MA TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Firnanda Hilyaul Aulia_T20198126 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci : pemahaman, perilaku menjaga pola makan, sistem pencernaan.
Pola makan yang sehat merupakan bagian penting dari perilaku hidup bersih dan sehat yang seharusnya mulai dibentuk sejak usia sekolah. Dalam kurikulum biologi, siswa telah dikenalkan pada materi sistem pencernaan yang tidak hanya menjelaskan proses biologis, tetapi juga menekankan pentingnya menjaga pola makan. Namun, dalam praktiknya, tidak semua siswa menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Ketidaksesuaian antara pengetahuan dan perilaku ini menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas pembelajaran dalam membentuk kebiasaan hidup sehat. Oleh karena itu, penting dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi sistem pencernaan berhubungan dengan perilaku mereka dalam menjaga pola makan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pemahaman materi sistem pencernaan siswa Kelas XI IPA di MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan, 2) mendeskripsikan perilaku menjaga pola makan siswa kelas XI IPA di MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan, dan 3) mengetahui korelasi antara pemahaman materi sistem pencernaan dengan perilaku menjaga pola makan siswa kelas XI IPA di MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional non-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MA Tarbiyatut Tholabah yang berjumlah 87 siswa, dan seluruh populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian terdiri atas tes untuk mengukur pemahaman materi sistem pencernaan (variabel X) dan angket dengan skala likert untuk mengukur perilaku menjaga pola makan (variabel Y). Analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji reliabilitas dengan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman siswa terhadap materi sistem pencernaan berada dalam kategori sedang dengan persentase 66% dan nilai rata-rata 56,8. Sementara itu, perilaku menjaga pola makan berada dalam kategori tinggi dengan persentase 70% dan nilai rata-rata 64,19. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman materi sistem pencernaan dengan perilaku menjaga pola makan, ditunjukkan oleh hasil uji linieritas menunjukkan bahwa hubungan antara variabel pemahaman materi sistem pencernaan dengan perilaku menjaga pola makan bersifat linier, dengan nilai signifikansi Deviation from Linearity sebesar 0,368 (> 0,05) dengan nilai signifikansi sebesar 0,639 (> 0,05), yang berarti Ha ditolak dan H0 diterima. Koefisien korelasi sebesar 0,199 mengindikasikan bahwa hubungan keduanya tergolong sangat lemah. Hal ini mengindikasikan bahwa data memenuhi asumsi linieritas untuk analisis korelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Firnanda Hilyaul Aulia
Date Deposited: 26 May 2025 06:25
Last Modified: 26 May 2025 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41379

Actions (login required)

View Item View Item