Syaharani Clarissa, Setiawati (2025) Manajemen Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Syaharani Clarissa Setiawati 214101030019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Syaharani Clarissa Setiawati, 2025: Manajemen Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Kata Kunci: Manajemen Layanan Khusus Bimbingan Konseling, Program SKS
Manajemen layanan khusus bimbingan konseling merupakan layanan yang diberikan pada semua siswa termasuk siswa SKS yang mayoritas memiliki permasalahan dalam mengatur waktu belajarnya yang lebih padat, hal ini membutuhkan kontribusi guru BK untuk mengarahkan siswa SKS agar mampu mengelola waktu belajarnya dengan baik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengelolaan manajemen layanan khusus bimbingan konseling yang dilakukan guru BK pada program SKS di MAN 1 Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana Perencanaan Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Jember?
Tujuan penelitian skripsi ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Layanan Khusus Bimbingan Konseling dalam Program Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles, Huberman, dan Saldana. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan layanan khusus bimbingan konseling dalam program SKS di MAN 1 Jember, meliputi identifikasi analisis kebutuhan siswa melalui AKPD (Angket Kebutuhan Peserta Didik), penyusunan rencana kerja melalui program semester dan program tahunan, dan adanya keterlibatan stakeholder dan kepala madrasah dalam mendukung perencanaan layanan bimbingan konseling. 2) Pelaksanaan layanan khusus bimbingan konseling dalam program SKS di MAN 1 Jember terdiri atas layanan dasar, layanan responsif dan perencanaan individual, yang terlaksana dalam bidang layanan bimbingan pribadi, bimbingan belajar, dan bimbingan karir. Bidang layanan yang diberikan tergantung pada bimbingan yang dibutuhkan siswa. 3) Evaluasi layanan khusus bimbingan konseling dalam program SKS di MAN 1 Jember terdiri atas evaluasi proses yaitu penilaian melalui angket yang diisi dengan skala penilaian dikotomi, dan evaluasi hasil yaitu penilaian melalui angket dengan skala penilaian likert.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160202 Correctional Theory, Offender Treatment and Rehabilitation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | syaharani clarissa setiawati |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:35 |
Last Modified: | 26 May 2025 07:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |