Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP AL-AZHAR Sempu Banyuangi Tahun Pelajaran 2024/2025

Nurun Nikmah, Ilmi (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP AL-AZHAR Sempu Banyuangi Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FULL FIXX revisi (2) watermask.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Scramble Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa di SMP AL-AZHAR Sempu Banyuangi Tahun Pelajaran
2024/2025.”
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Scramble, Akidah Akhlak, Hasil
Belajar
Pembelajaran dikatakan berhasil atau sesuai dengan kompetensi yang
diharapkan salah satunya dengan penggunaan model atau strategi pembelajaran.
Dalam penelitian ini model atau strategi yang digunakan oleh guru kurang
bervariasi. Kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah, yang
menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif di kelas, siswa juga hanya pendengar
dan pencatat. Jika pengajar kurang kreatif dalam memilih dan menerapkan model
pembelajaran, hal ini dapat berdampak negatif pada proses belajar siswa di kelas
yang menunjukkan nilai rata-rata yang hanya mencapai 73.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif scramble pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII
dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Al-Azhar Sempu Banyuwangi
tahun pelajaran 2024/2025?. 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif
scramble pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII dapat meningkatkan hasil
belajar siswa di SMP Al-Azhar Sempu Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif scramble pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII
dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Al-Azhar Sempu Banyuwangi
tahun pelajaran 2024/2025. 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
kooperatif Scramble pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Al-Azhar Sempu Banyuwangi tahun
pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
berupa penelitian tindakan kelas di kelas VIII, yang melibatkan 31 siswa, namun
hanya 22 siswa yang hadir. Metode analisis data yang diterapkan meliputi
observasi, angket, wawancara dengan guru, tes dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran
kooperatif scramble meliputi pembagian kelompok, siswa dibagikan soal, siswa
mendiskusikan jawaban, siswa mampu mengisi kolom jawaban secara acak disusun
menjadi jawaban benar, guru meminta kelompok untuk menyimpulkan materi,
selanjutya kelompok yang dapat menyimpulkan materi dengan baik dan benar
diberi penghargaan oleh guru. 2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 61, sedangkan pada siklus II
mengalami peningkatan menjadi 90. Jadi dapat dikatakan bahwasanya, penerapan
model pembelajaran kooperatif scramble pada mata pelajaran akidah akhlak kelas
VIII dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Ms ilmi nurun nikmah
Date Deposited: 26 May 2025 07:58
Last Modified: 26 May 2025 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41417

Actions (login required)

View Item View Item