Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Sistem Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP 09 Ma’arif NU Ambulu – Jember Tahun Pelajaran 2020-2021.

AHMAD ROFI’ UDIN, - (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Sistem Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP 09 Ma’arif NU Ambulu – Jember Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AHMAD ROFI’ UDIN_084 141 283.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ahmad Rofi’ Udin, 2021. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Sistem Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP 09 Ma’arif NU Ambulu – Jember Tahun Pelajaran 2020-2021. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Sistem Daring SMP 09 Ma’arif NU Ambulu merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Jember yang menerapkan sistem pembelajaran daring selama covid-19. Setelah dilakukan pengamatan, ditemukan bahwa SMP 09 Ma’arif NU Ambulu dalam pembelajaran daring hanya menggunakan aplikasi whatsapp dalam pembetukan grup whatsapp. Karena di daerah Ambulu terkendala susah sinyal dan aplikasi ini dianggap sederhana serta mudah digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Selanjutnya, tantangan yang muncul pada pembelajaran daring yaitu membuat model dan metode pembelajaran yang menarik agar siswa mau berkontribusi secara sukarela dan memperoleh manfaat dari setiap pembelajaran yang dilaksanakan. Selain pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik, evaluasi pembelajaran juga tak kalah pentingnya dalam hal ini. Evaluasi dilakukan agar pendidik mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui sistem daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP 09 Ma’arif NU Ambulu – Jember Tahun Pelajaran 2020-2021. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui sistem daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP 09 Ma’arif NU Ambulu – Jember Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian yang digunakan adalah purposive dengan menggunakan tenik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian meliputi kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswi SMP 09 NU Ma’arif. Analisis data di lapangan dengan menggunakan analisis deksriptif kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yaitu melalui beberapa tahapan yaitu kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui sistem daring pada masa pandemi covid-19 di SMP 09 Ma’arif NU Ambulu – Jember Tahun Pelajaran 2020-2021 adalah sesuai dengan RPP yang dibuat, menggunakan whatssapp group dengan metode pemberian tugas. Dan evaluasinya mengikuti kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keterampilan, pengetahuan, sosial dan spiritual menggunakan jenis evaluasi dampak dan teknik tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:03
Last Modified: 21 Apr 2022 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item View Item