Hasanah, Nofiatun (2025) Pengaruh model process oriented guided inquiry learning berbantuan media powtoon terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XAV SMKN 2 Jember materi barisan dan deret geometri. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
NOFIATUN HASANAH_211101070036_.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nofiatun Hasanah, 2025. Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X AV SMKN 2 Jember Materi Barisan Dan Deret Geometri.
Kata kunci: Model pembelajaran POGIL; Media Powtoon; Kemampuan Berpikir Analitis
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis siswa kelas X AV SMKN 2 Jember masih rendah. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran, sehingga diperlukannya inovasi baru untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini menawarkan model pembelajaran POGIL dengan bantuan powtoon untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa kelas X AV SMKN 2 Jember pada materi barisan dan deret geometri sebelum menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media powtoon. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa kelas X AV SMKN 2 Jember pada materi barisan dan deret geometri setelah menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media powtoon. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL dengan media powtoon terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X AV SMKN 2 Jember pada materi barisan dan deret geometri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre eksperimen bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X AV di SMKN 2 Jember yang berjumlah 34 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purporsive sampling. Sampelnya yaitu kelas X AV sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh, diolah dengan Paired Samples T-Test atau Wilcoxon Signed Ranks Test.
Kesimpulan penelitian ini: 1) Rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning dengan media powtoon sebesar 53. 2) Rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa sesudah menggunakan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning dengan media powtoon sebesar 94,06. 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning dengan media powtoon terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, hal ini dapat diketahui hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingaa 0,000 < 0,05 dan hasil uji N-gain dengan diperoleh nilai rata-rata 0,8797 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Nofiatun Hasanah |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:22 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |