Implementasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTsN 6 Jember

MOH. LUTFI, ALMABRURI (2021) Implementasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTsN 6 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOH. LUTFI ALMABRURI_T20171288.pdf

Download (46MB)

Abstract

Moh. Lutfi Almabruri, 2021: Implementasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTsN 6 Jember. Kata kunci: Implementasi Pembelajaran Daring, Covid-19, Sejarah Kebudayaan Islam Kecamatan Sukowono menjadi salah satu kawasan zona merah Covid-/9. Pendayagunaan ICT (Information ' Communication — Technology) dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di MTsN 6 Jember pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah bentuk langkah yang sangat inovatif untuk tetap melaksanakan pembelajaran yang menarik sekaligus melindungi peserta didik dari penyebaran virus Covid-19. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTSN 6 Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember. (2) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Miles, Huberman dan Saldana melalui langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitan ini memperoleh kesimpulan: (1) Perencanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember adalah pendataan siswa dan guru, RPP edisi khusus Covid-19, silabus sederhana. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember adalah pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) dengan model kombinasi E-Learning madrasah dan Whatsapp Group. (3) Evaluasi pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Jember adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dan teknik penilaian formatif diambil dari hasil penugasan sedangkan penilaian sumatif menggunakan media CBT (Computer Based Test).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:03
Last Modified: 21 Apr 2022 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4145

Actions (login required)

View Item View Item