“Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

ELMA LAELA SARI, - (2021) “Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iah.

[img] Text
ELMA LAELA SARI _ T20174001.pdf

Download (14MB)

Abstract

Elma Laela Sari, 2021: “Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021” Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran seni budaya dan prakarya masa pandemi covid 19 siswa kelas III di Madrasah Ibtidahiyah Sunan Giri. Latar belakang penelitian ini dikarena peserta didik memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda sehingga membutuhkan benda yang konkrit tidak berfikir abstrak dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya, dengan menggunakan metode demonstrasi peserta didik lebih mudah mengerti materi yang dibahas, sekaligus membantu peserta didik menjadi pribadi yang kreatif dan cinta akan budaya Indonesia. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran seni budaya dan prakarya masa pandemi covid 19 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana Pelaksanaan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran seni budaya dan prakarya masa pandemi covid 19 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana Evaluasi penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran seni budaya dan prakarya masa pandemi covid 19 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran seni budaya dan prakarya masa pandemi covid 19 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi Non-Partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi yaitu dengan cara menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diamana menyusun RPP ini disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari oleh peserta didik mulai dari guru merumuskan tujuan yang jelas, menetapkan langkah-langkah demonstrasi serta memperhitungkan waktu dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2) Pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajran seni budaya dan prakarya siswa kelas III masa pandemic covid 19 sesuai dengan langkah-langkah metode demonstrasi, serta berjalan dengan efektif dan peserta didik semangat mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan yang merupakan kegiatan pertama pembukaan pembelajaran , kegiatan inti berisi tentang penyampaian materi dengan lima tahap kegiatan yang dilakukan oleh guru 3) Evaluasi pembelajaran dengan metode demonstrasi pada pembelajaran seni budaya dan prakarya kegiatan akhir atau penutup, guru menyuruh peserta didik untuk membuat kesimpulan, kegiatan ini bermanfaat untuk peserta didik memahami keseluruhan atau inti teks secara tepat sehingga tidak perlu mengulang membaca, selanjutnya guru memberikan tes tulis berupa pilihan ganda dan uraian, penilaian ini dapat dilihat tumbuh kembangnya berfikir peserta didik untuk melatih berhadapan dengan persoalan dalam menghadapi tugas, serta mengembangkan inisiatif serta tanggung jawab dari peserta didik, dilakukan dengan observasi dan pengamatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:02
Last Modified: 21 Apr 2022 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4147

Actions (login required)

View Item View Item