Muktafin, Muhammad Jiddan (2025) Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Buku GEMAR (Gerakan Membangun Akhlak Berbasis Proyek) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2024/ 2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI MUHAMMAD JIDDAN MUKTAFIN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mengupayakan untuk membentuk akhlak mulia peserta didik. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang tepat, salah satunya Project Based Learning berbantuan media buku GEMAR (Gerakan Membangun Akhlak Berbasis Proyek). Pembelajaran ini menjadikan kegiatan keagaman sebagai tugas proyek, yang memungkinkan siswa untuk belajar serta membentuk akhlaknya.
Adapun fokus penelitian ini ada tiga yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media buku GEMAR (Gerakan Membangun Akhlak Berbasis Proyek) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2024/ 2025?
Adapun tujuan penelitian ini ada tiga yaitu mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media buku GEMAR (Gerakan Membangun Akhlak Berbasis Proyek) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Yosowilangun Lumajang tahun pelajaran 2024/ 2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 1 Yosowilangun Lumajang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan. 1) Perencanaan pembelajaran sesuai dengan PjBL yaitu menentukan tujuan dan sasaran, merancang situasi masalah yang sesuai dan mengatur sumber daya dan merencanakan logistik. 2) Pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan mengikuti sintaks PjBL namun sedikit perbedaan yaitu diawali pertanyaan apersepsi, kemudian mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, meonitor siswa dan kemajuan proyek,
menguji hasil dan mengevaluasi pengalaman. 3) Evaluasi pembelajaran sesuai dengan salah satu evaluasi PjBL yaitu menilai pengetahuan siswa menggunakan rating scale.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Jiddan Muktafin |
Date Deposited: | 28 May 2025 01:17 |
Last Modified: | 28 May 2025 01:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |