Analisis Strategi Pemasaran Produk Kredit Ritel Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember

Fitria, Desi (2025) Analisis Strategi Pemasaran Produk Kredit Ritel Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Desi Asfidatul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Desi Asfidatul Fitria, 2025 : Analisis Strategi Pemasaran Produk Kredit Ritel Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kredit Ritel, Bank BJB.
Industri perbankan di Indonesia mengalami perkembangan pesat dengan persaingan yang semakin ketat, termasuk dalam penyaluran produk kredit ritel. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu (KCP) Jember, meskipun merupakan entitas baru di wilayah Jember, telah menunjukkan kinerja yang signifikan dalam realisasi kredit ritel. Efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan menjadi faktor penting dalam pencapaian ini. Bank BJB KCP Jember menerapkan strategi Service Excellent dengan pendekatan langsung ke nasabah serta optimalisasi media sosial sebagai sarana promosi. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam pemasaran produk kredit ritel di Bank BJB KCP Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran produk kredit ritel pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember? 2) Apa saja peluang dan tantangan dalam melakukan strategi pemasaran produk kredit ritel pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran produk kredit ritel pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember. 2) Untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam melakukan strategi pemasaran produk kredit ritel pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa strategi pemasaran produk kredit ritel di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jember menggunakan pendekatan bauran pemasaran (7P), yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Bank menerapkan strategi Service Excellent dengan mendatangi calon nasabah untuk mempermudah proses administrasi dan pencairan kredit. Strategi ini terbukti meningkatkan jumlah nasabah kredit ritel, meskipun masih menghadapi tantangan seperti persaingan dengan bank lain yang menawarkan suku bunga lebih rendah serta kurangnya literasi keuangan di masyarakat​.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Desi Fitria
Date Deposited: 27 May 2025 04:15
Last Modified: 27 May 2025 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41494

Actions (login required)

View Item View Item