Efektivitas Pelayanan Administrasi Desa Yang Tidak Memiliki Kantor Desa Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Desa Pangereman, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang).

Firdaus, Rusdi (2025) Efektivitas Pelayanan Administrasi Desa Yang Tidak Memiliki Kantor Desa Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Desa Pangereman, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RUSDI FIRDAUS_S20193098 (04).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Setelah terbitnya undang-undang nomor 25 tahun 2009, telah memberikan pedoman tehadap lembaga pemerintah khususnya pemerintah desa untuk menjalankan fungsi serta pelayanan yang efektif dan berkualitas pada masyarakat. pelayanan administrasi pemerintahan desa termasuk dalam koridor pelayanan publik karena bertujuan untuk kelancaran pemerintahan desa, pelaksanaan Pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan Masyarakat. Berbeda dengan desa kebanyakana, Desa Pangereman merupakan desa yang menjalankan pelayanan administrasi desa tanpa adanya balai desa.
Adapun fokus penelitian yang akan dibahas adalah : 1) Bagaimana efektivitas dan bentuk pelayanan administrasi desa yang tidak memiliki kantor desa di desa pangereman menurut undang-undang nomor 25 tahun 2009? 2) Apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan administrasi desa di desa Pangereman?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bentuk pelayanan administrasi desa pangereman yang tidak memiliki kantor desa. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat pelayanan administrasi desa pangereman.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris, sedangkan pendekatan yang digunakan penelian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan studi kasus. Teknik pengumpulan data data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anlisis data menggunakan pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan keikut sertaan peneliti, dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) efektivitas pelayanan administrasi desa di desa pangereman menurut UU nomor 25 tahun 2009 masih belum maksimal diantaranya 1) kurangnya optimalnya mkanisme da sistem pelayanan yang diselenggarakan, masih adanya pungutan biaya tambahan dalam pengurusan berkas administrasi terhadap Masyarakat. 2) hambatan dalam pelaksanaan pelayanan administrasi di desa pangereman adalah rendahnya sumber daya manusia dalam hal ini aparatur desa, khusnya kepala dusun, minimnya ketersediannya sarana prasarana khusnya balai desa sebagai pusat pemerintahan di desa.
Kata Kunci : Administrasi Desa, Kantor Desa, Dan UU No. 25 Tahun 2009

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Rusdi Firdaus
Date Deposited: 27 May 2025 07:39
Last Modified: 27 May 2025 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41525

Actions (login required)

View Item View Item