Kecemasan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus Kelas VII Di SMP Ainul Yaqin Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Khilda Rahma Diana, - (2021) Kecemasan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus Kelas VII Di SMP Ainul Yaqin Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Khilda Rahma Diana_T20167014.pdf

Download (16MB)

Abstract

Khilda Rahma Diana, 2021: Kecemasan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus Kelas VII Di SMP Ainul Yaqin Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Kecemasan, Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus. Memecahkan masalah matematika adalah cara atau usaha siswa dalam mencari jalan keluar dari permasalahan matematika sesuai dengan prosedur, ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki siswa sebelumnya. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam memunculkan ide atau gagasan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan matematika. Meskipun begitu kecemasan mempengaruhi dalam proses belajar, namun hal ini termasuk gejala yang normal dialami oleh seseorang. Perbedaan setiap siswa dalam memecahkan masalah matematika karena setiap orang memiliki ciri atau karakter yang berbeda dalam menyampaikan informasi yang didapatkan serta perasaan yang dialami ketika memecahkan masalah matematika juga berbeda. Hal ini disebut dengan kecemasan matematika. Ciri atau karakter itu kemudian dikenal dengan tipe kepribadian. Menurut Hippocrates-Galenus tipe kepribadian ada empat yaitu sanguinis, melankolis, koleris dan phlegmatis. Setiap siswa memiliki satu tipe kepribadian yang dominan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dalam memecahkan masalah matematika; 2) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian melankolis dalam memecahkan masalah matematika; 3) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian koleris dalam memecahkan masalah matematika; 4) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian phlegmatis dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Ainul Yaqin Jember yaitu empat siswa dengan tipe kepribadian Hippocrates-Galenus (sanguinis, melankolis, koleris dan phlegmatis). Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan memenuhi kriteria tipe kepribadian Hippocrates-Galenus sesuai angket tes kepribadian yang diberikan. Pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, tes, wawancara dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan ringan. 2) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian melankolis dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan ringan. 3) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian koleris dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan sedang. 4) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian phlegmatis dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:27
Last Modified: 04 Feb 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item