Kepemimpinan Pondok Pesantren dalam Upaya Peningkatan Mutu Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember

Siti Lailatul Hidayah, - (2021) Kepemimpinan Pondok Pesantren dalam Upaya Peningkatan Mutu Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Siti Lailatul Hidayah_084143039.pdf

Download (11MB)

Abstract

Siti Lailatul Hidayah 2021: Kepemimpinan Pondok Pesantren dalam Upaya Peningkatan Mutu Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember Kata Kunci: kepemimpinan pesantren, peningkatan mutu santri, Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum. Kepemimpinan pesantren merupakan usaha mempengaruhi bawahan yang dipimpin. Dalam hal ini ang dimaksudkan adalah pengasuh kepada santrinya untuk melaksanakan aktifitas pesantren yang telah direncanakan sesuai dengan tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum merupakan pesantren tertua di desa Gugut Rambipuji, yang berdiri pada tahun 1974. Karena terletak diarea pemukiman penduduk dan lahan perkebunan, pesantren ini mudah untuk dijangkau dan keberadaan diketahui oleh masyarakat luas. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan pondok pesantren dalam upaya peningkatan mutu santri di pondok pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember, 2) Bagaimana strategi kepemimpinan pondok pesantren dalam upaya peningkatan mutu santri di pondok pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember, dan 3) Apa saja kendala-kendala kepemimpinan pondok pesantren dalam upaya peningkatan mutu santri di pondok pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan gaya kepemimpinan pondok pesantren dalam upaya peningkatan mutu santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember, 2) Mendeskripsikan strategi kepemimpinan pondok pesantren dalam upaya peningkatan mutu santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala kepemimpinan pondok pesantren dalam upaya peningkatan mutu santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah-langkah: 1) data collection, 2) data reduction, 3) data display, 4) data conclution/verification. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) kepemimpinan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan kepemimpinannya dengan menerapkan gaya kepemimpinan karismatik, dimana mengedepankan kewibawaan diri seorang pemimpin yang ditunjukkan oleh rasa tanggungjawab yang tinggi kepada bawahannya, 2) Strategi yang digunakan pimpinan pondok pesantren Mamba’ul Ulum Gugut Rambipuji Jember dalam meningkatkan mutu santri yaitu ix meningkatkan sumber daya manusia dan membuat program peningkatan kompetensi guru seperti pelatihan. Tenaga pengajar disana dalam melakukan peningkatan mutu santri dengan cara memberikan mata pelajaran yang mendukung misi lembaga, dan 3) Kendala kepemimpinan pondok pesantren dalam upaya peningkatkan mutu santri adalah ada sebagian guru yang kurang bisa menyesuaikan dengan sistem pendidikan pesantren dan kurangnya fasilitas dari segi sarana seperti gedung pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:01
Last Modified: 21 Apr 2022 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item