Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Gunung Malang Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

RISKA IKA SUSANTI, - (2021) Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Gunung Malang Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
RISKA IKA SUSANTI_084144012.pdf

Download (10MB)

Abstract

Riska Ika Susanti, 2021: Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Gunung Malang Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Quantum Teaching dan hasi belajar Proses pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah pembelajaran yang berfokus pada guru sedangkan siswa diberikan tugas, kegiatan pembelajaran yang seperti itu membuat siswa pasif dan bosan. Pembelajaran Quantum Teaching terlihat sangat menarik dan menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang diadakan oleh guru dengan membuat situasi kelas menyenangkan dengan menggunakan ketrampilan yang ada pada siswa untuk kelancaran proses pembelajaran sehingga siswa yang sering urakan, sangat senang bergerak dan yang suka gaduh dapat tenang dan senang ketika pembelajaran dengan tematik berlangsung Fokus penilitian ini adalah: 1). Bagaimana implementasi pembelajaran Quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Ranah Kognitif kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Sumberjambe, Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 2) Bagaimana implementasi pembelajaran Quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Ranah Afektif kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Sumberjambe, Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 3) Bagaimana implementasi pembelajaran Quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Ranah Psikomotorik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Sumberjambe, Jember tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Ranah Kognitif kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Sumberjambe, Jember tahun pelajaran 2020/2021, 2) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Ranah afektif kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Sumberjambe, Jember tahun pelajaran 2020/2021, 3) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Ranah psikomotorik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Sumberjambe, Jember tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Hasil penelitian yaitu: 1). Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif untuk pengetahuan, pemahaman, penerapan dan menganalisis dilakukan dengan strategi TANDUR (tumbuhkan, alami, namai, desmonstrasikan, ulangi dan rayakan) dengan pendekatan metafora Quantum Teaching yaitu kelas diatur dengan baik, pembelajaran dilakukan dengan metafora agar proses pembelajaran menyenangkan dan bermakna.2). Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Afektif untuk menerima, merespon dan mengorganisasikan dilakukan dengan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching dengan pendekatan Sugistologi yaitu dengan memberikan pengalam belajar yang sesuai dengan kehidupan. 3). Pembelajaran Quantum Teaching dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Psikomotorik untuk persepsi, kesiaapan, mekanisme, ataupun respon terbimbing dilakukan dengan pendekatan metafora yaitu dengan mencontohkan makhluk hidup agar pembelajaran lebih menyenangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:00
Last Modified: 21 Apr 2022 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item