hiro, Alma (2025) Analisis pemanfaatan digital fundraising sebagai strategi mengoptimalkan penghimpunan dana zakat, infaq, sedekah (ZIS) di LAZ YDSF cabang jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Almahiro fix.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Almahiro, Ana Pratiwi, 2025: “Analisis Pemanfaatan Digital Fundraising Sebagai Strategi Mengoptimalkan Penghimpunan Dana Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) di LAZ YDSF Cabang Jember.”
Kata Kunci: Digital Fundraising, Srategi, ZIS
Seiring dengan berkembangnya teknologi digital yang cukup pesat, aktivitas penghimpunan dana zakat pun telah berinovasi untuk memanfaatkan kanal digital guna meningkatkan jumlah penghimpunan dana zakat. Digital fundraising merupakan penghimpunan yang tidak lagi dilakukan secara offline namun juga dilakukan secara online melalui media digital. Hal ini dapat menjadi solusi dimana muzakki tidak perlu lagi datang ke lokasi lembaga amil zakat untuk membayar zakat, melainkan bisa melalui kanal digital yang merupakan langkah yang lebih efisien karena dapat di gunakan kapan saja tidak mengenal waktu dan dimana saja.
Fokus penelitian yang diteliti dalam Skripsi ini adalah 1. Bagaimana pemanfaatan digital fundraising dalam menghimpun dana zakat, infaq, sedekah (ZIS) pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) YDSF Cabang Jember? 2. Bagaimana strategi lembaga amil zakat (LAZ) untuk mengoptimalkan penghimpunan dana zakat, infaq, sedekah (ZIS) dalam memanfaatkan digital fundraising ini?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis pemanfaatan digital fundraising dalam menghimpun dana ZIS pada LAZ YDSF Jember. 2. Untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh LAZ YDSF Jember untuk terus mengoptimalkan penghimpunan dana ZIS dalam memanfaatkan digital fundraising.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di LAZ YDSF Cabang Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1. Pemanfaatan digital fundraising dalam menghimpun dana zakat, infaq, sedekah di LAZ YDSF Jember yang sudah dilakukan membuat marketplace lebih luas baik itu kepasar nasional maupun internasional, menurunkan administrasi produksi, menghemat bermacam administrasi operasional, memajukan penjualan dan perekonomian, memajukan keefektivitasan pelayanan, informasi diakses lebih cepat. 2. Strategi yang dilakukan Lembaga Amil Zakat YDSF Jember melakukan perencanaan strategi dengan cara pertama mengevaluasi dampak dari strategi yang digunakan , Implementasi Strategi Lembaga Amil Zakat YDSF Jember ini dibagi menjadi empat unit, yaitu Unit Marketing Communication (Markom), Unit Pelayanan Donatur, Unit Waqaf, dan Unit CRM untuk pengelolaan hubungan dengan donatur. Sedangkan evaluasi strategi setiap semester untuk menilai pencapaian sementara dan memastikan bahwa kegiatan dilapangan berjalan sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan.
Kata Kunci: Digital Fundraising, Strategi, ZIS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf |
Depositing User: | Ms Alma hiro |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:52 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |