Pengembangan media audio visual berbasis videoscribe pada pembelajaran IPS di SMP Hadi Wijaya Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021

Dila Yuniar Dhini, - (2021) Pengembangan media audio visual berbasis videoscribe pada pembelajaran IPS di SMP Hadi Wijaya Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Dewi Catur Puji Rahayu_T20179042.pdf

Download (28MB)

Abstract

Dila Yuniar Dhini, 2021: Pengembangan media audio visual berbasis videoscribe pada pembelajaran IPS di SMP Hadi Wijaya Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021 Kata kunci: Pengembangan media, videoscribe, materi keunggulan potensi sumber daya alam antar region Kurangnya pengetahuan guru untuk mengembangkan media pembelajaran dan penggunaan media yang kurang efektif dalam pembelajaran menyebabkan proses pembelajaran menjadi permasalahan bagi siswa. Hal ini membuat hasil belajar siswa berkurang dan sulit ditingkatkan. Media pembelajaran audio visual berbasis videoscribe kemudian dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran lebih kreatif, inovatif dan memacu semangat belajar siswa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana model audio visual berbasis videoscribe dengan spesifikasi produk yang diinginkan pada pembelajaran IPS di SMP Hadi Wijaya Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis videoscribe pada pembelajaran IPS di SMP Hadi Wijaya Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui model audio visual berbasis videoscribe dengan spesifikasi produk yang diinginkan pada pembelajaran IPS di SMP Hadi Wijaya Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis videoscribe pada pembelajaran IPS di SMP Hadi Wijaya Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penjelasan mengenai kemenarikan media pembelajaran menggunakan angket yang di uji oleh ahli validasi. Sedangkan dalam menjelaskan sebelum dan sesudah menggunakan desain pre test dan post test. Media pembelajaran audio visual berbasis videoscribe ini berupa video animasi tangan bergerak yang dapat mengemas sebuah peristiwa yang kompleks dan rumit menjadi sistematik, terdapat animasi, gambar, suara musik, suara dubbing dan backsound sehingga mudah dipahami peserta didik. Pengembangan media audio visual berbasis videoscribe ini efektif digunakan untuk pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:58
Last Modified: 21 Apr 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4166

Actions (login required)

View Item View Item