Pengembangan Masalah Matematika Model PISA Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X Di MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo

Nurul, Aini (2021) Pengembangan Masalah Matematika Model PISA Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X Di MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Nurul Aini_T20177042.pdf

Download (13MB)

Abstract

Nurul Aini, 2021: Pengembangan Masalah Matematika Model PISA Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X Di MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo. Kata Kunci: Pengembangan, PISA, Masalah Matematika, Pengembangan Masalah Matematika Model PISA PISA (Programme for International Student Assesment) merupakan salah satu program evaluasi tingkat internasional yang diselengarakan oleh OECD (Organization For Economic Cooperation and Development) setiap tiga tahun sekali sejak tahun 2000. PISA dikatakan sebagai studi internasional untuk mengukur kemampuan dan keterampilan peserta didik salah satunya dalam pembelajaran matematika. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pengembangan masalah matematika model PISA pada materi persamaan linear dua variabel kelas X di MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo? 2) Bagaimana kevalidan masalah matematika model PISA pada materi persamaan linear dua variabel kelas X di MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses pengembangan masalah matematika model PISA pada materi persamaan linear dua variabel kelas X di MA Zainul Hasan1 Genggong Probolinggo. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan masalah matematika model PISA pada materi persamaan linear dua variabel kelas X di MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, namun penelitian hanya terbatas hingga ketahap ketiga yaitu development (pengembangan). Keterbatasan tersebut karena situasi dan kondisi yang masih pandemi COVID-19. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket lembar validasi. Penelitian ini menghasilkan soal matematika model PISA sebanyak 5 soal uraian dalam kategori yang valid. Kevalidan ini berdasarkan hasil penilain validator yakni 77,5% dari validator pertama dan 75% dari validator kedua. Soal matematika model PISA tersebut dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran peserta didik kelas X di MA Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berfikir tingkat level tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:58
Last Modified: 21 Apr 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item