Pengembangan Media PembelajaranBerbasis 3D Pageflip profesionalPada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Plus Darussholah Tahun Pelajaran 2020/2021

Dewi Catur Puji Rahayu, - (2021) Pengembangan Media PembelajaranBerbasis 3D Pageflip profesionalPada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Plus Darussholah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Dewi Catur Puji Rahayu_T20179042.pdf

Download (28MB)

Abstract

Dewi Catur Puji Rahayu, 2021:Pengembangan Media PembelajaranBerbasis 3D Pageflip profesionalPada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Plus Darussholah Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata kunci: Pengembangan,Media Pembelajaran,3D Pageflip profesional. Keterbatasan guru untuk menggunakan media pembelajaran dan penggunaan media yang kurang efektif dalam pembelajaran menyebabkan proses pembelajaran menjadi permasalahan bagi peserta didik. Hal ini membuat minat belajar siswa berkurang dan hasil belajar yang sulit untuk ditingkatan. Media pembelajaran berbasis 3D pageflip profesional kemudian dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran lebih inovatif dan memacu semangat belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah desain media pembelajaran berbasis 3D pageflip profesional pada pembelajaran IPS kelas VII tahun pelajaran 2020/2021 ?, 2) Bagaimanakah efektivitas penggunaan produk media pembelajaran berbasis 3D pageflip profesional pada pembelajaran IPS kelas VII tahun pelajaran 2020/2021 ? Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui desain media pembelajaran berbasis 3D pageflip profesional pada pembelajaran IPS kelas 7 tahun pelajaran 2020/2021. (2)penggunaan produk media pembelajaran berbasis 3D pageflip profesional pada pembelajaran IPS kelas 7 tahun pelajaran 2020/2021 efektif digunakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMP Plus Darussholah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan angket . Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) media pembelajaran 3D pageflip profesional telah tervalidasi oleh ahli dan guru IPS sehingga layak untuk digunakan, dengan hasil rerata ahli media sebesar 4,6. Hasil rerata ahli materi sebesar 5. Hasil rerata guru IPS sebesar 4,8. 2) media pembelajaran 3Dpageflip profesional efektif meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap materi kegiatan ekonomi, dengan memperoleh hasil kelompok kecil 95,3 % dan kelompok besar 85,3 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:58
Last Modified: 21 Apr 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item