Manajemen Laboratorium Pendidikan Agama IsIam dalam Mengembangkan Materi Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember

Wulandari, Riska (2025) Manajemen Laboratorium Pendidikan Agama IsIam dalam Mengembangkan Materi Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI FINAL RISKA WULANDARI wm.pdf

Download (6MB)

Abstract

Riska Wulandari, 2025: Manajemen laboratorium Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Materi Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Kelas XI di SMAN 2 Jember
Kata Kunci: Manajemen, laboratorium PAI, Pengembangan materi PAI
Manajemen laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan dalam mengelola sarana, media, dan kegiatan praktik pembelajaran. Laboratorium PAI menjadi pendukung penting dalam mengembangkan materi yang kontekstual dan aplikatif bagi siswa. Pengelolaan yang efektif diperlukan agar fungsi laboratorium dapat menunjang pembelajaran PAI secara optimal
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan laboratorium pendidikan agama islam dalam mengembangkan materi pendidikan agama islam bagi siswa kelas XI? 2) Bagaimanakah pengorganisasian laboratorium pendidikan agama islam dalam mengembangkan materi pendidikan agama islam bagi siswa kelas XI? 3) Bagaimanakah pelaksanaan laboratorium pendidikan agama islam dalam mengembangkan materi pendidikan agama islam bagi siswa kelas XI? 4) Bagaimanakah pengendalian laboratorium pendidikan agama islam dalam mengembangkan materi pendidikan agama islam bagi siswa kelas XI di SMAN 2 jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam keempat aspek manajemen laboratorium, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian, dalam mendukung pengembangan materi Pendidikan Agama Islam bagi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: 1) Pengumpulan data 2) Kondensasi data 3) Penyajian data 4) Penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Proses perencanaan laboratorium PAI dalam mengembangkan materi PAI dibagi menjadi 2, yaitu a) Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, b) Pengadaan fasilitas, 2) Proses pengorganisasian laboratorium PAI terdapat 2 langkah, yaitu a) Pengelolaan sumber daya, b) Pengaturan dan penjadwalan, 3) Pelaksanaan layanan laboratorium PAI juga melalui proses berikut; a) Pengajuan peminjaman alat b) Pelaksanaan kegiatan c) Pengembalian perlengkapan. 4) Kemudian tahapan pengendalian laboratorium PAI dalam mengembangkan materi PAI memiliki 4 tahapan, yaitu; a) Menetapkan standar layanan laboratorium, b) Meneliti dan memeriksa hasil yang telah dicapai, c) Membandingkan hasil pelaksanaan dengan standar, d) Melakukan perbaikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Riska Wulandari
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:16
Last Modified: 02 Jun 2025 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41698

Actions (login required)

View Item View Item