Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Ma’arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021

Ika Firda Intania, - (2021) Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Ma’arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ika Firda Intania_T20171267.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ika Firda Intania, 2021: Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Ma’arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Religius Pendidikan di Indonesia dalam decade terakhir banyak mengalami problem yang diantaranya adalah lemahnya karakter generasi muda dimana keberhasilan suatu bangsa dapat dilihat dari karakter yang dimilikinya. Melihat permasalahan tersebut maka perlu adanya beberapa terobosan yang salah satunya dapat dilakukan melalui penanaman karakter religius sejak dini yang diterapkan di sekolah baik melalui pembelajaran di kelas maupun kegiatan lain seperti ekstrakurikuler pramuka. Ekstrakurikuler pramuka memiliki peranan penting dalam proses pembentukan karakter religius terhadap peserta didik Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter iman di sekolah? 2) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter Islam di sekolah? 3) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter ihsan di sekolah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter iman di sekolah. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter Islam di sekolah. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter ihsan di sekolah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Membentuk karakter iman dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka salah satunya dengan kegiatan berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan. Karena dengan do’a merupakan kegiatan yang dilaksanakan salah satunya untuk menanamkan nilai karakter iman. 2) Membentuk karakter Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka salah satunya dengan kegiatan sholat berjamaah saat kegiatan. Sholat berjama’ah merupakan kegiatan yang dilaksanakan salah satunya untuk menanamkan nilai karakter Islam. 3) Membentuk karakter ihsan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka salah satunya dengan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan. Karena dalam ajaran agama Islam menjaga kebersihan menjadi suatu kewajiban dan sebuah syarat untuk melaksanakan ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:57
Last Modified: 21 Apr 2022 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item