Manajemen Program Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatka Keaktifan Siswa Mengikuti Kegiatan

SIWI YEKTI PALUPI, - (2021) Manajemen Program Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatka Keaktifan Siswa Mengikuti Kegiatan. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
SIWI YEKTI PALUPI_T20173058.pdf

Download (8MB)

Abstract

SIWI YEKTI PALUPI, 2021: Manajemen Program Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatka Keaktifan Siswa Mengikuti Kegiatan. Lembaga pendidikan merupakan wadah bagi siswa untuk meningkatkan keaktifan siswa. Dalam meningkatkan keaktifan siswa. Dalam meningkatkan kekatifan siswa lembaga pendidikan melakukan upayss dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada meningkatkan keaktifan siswa berupa kegiatan keagmaan. Untuk melakukan kegiatan keagmaan, maka dibutuhkan sebuah manajemen yang baik. Karena dengan manajemen yang baik meliputi perencanaan pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, maka sebuah kegiatan akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan dituju: 1) Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan keaktifan siswa mengikuti kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curanongko Kecamatan Tempurejo? 2) Bagaimana pelaksanaan program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan keaktifan siswa mengukuti kegiatan di Madrasah Inayatur Rohman Curahnongko Kecamatan Tempurejo? 3) Bagaimana evaluasi program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan keaktifan siswa mengikuti kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Kecamatan Tempurejo? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan keaktifan siswa mengikuti kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Kecamatan Tempurejo. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan program kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Kecamatan Tempurejo.3) Untuk mengetahui evaluasi program kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Kecamatan Tempurejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan informasn menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondenasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabasahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan keaktifan siswa mengikuti kegiatan yaitu merencanakan dan menentukan tujuan yang ingin dicapai, kepala sekolah dan seluruh dewan guru mengadakan rapat yang membahas terkait program kegiatan keagmaan seperti menentukan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, menentukan sistem penilaian keaktifan siswa yang akan di gunakan dan merencanakan jadwal kegiatan tersebut. Kedua, pelaksanaan program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan keaktifan siswa mengikuti kegiatan. Yaitu melakukan kegiatan yang sudah di rencanakan sebelumnya, seperti melaksanakan shalat dhuha berjamaah, bacaan tilawati, sholat dhuhur berjamaah dan kegiatan dan kegiatan tersebut yang digunakan ataupun melaksanakan sesuai jadwal yang sudah di buat. Ketiga, evaluasi program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan keaktifan siswa mengikuti kegiatan menggunakan form penilaian setiap guru menilai setiap kegiatan siswa. Lalu evaluator harus melakukan pengaturan terhadap evaluasi dan mengevaluasi apa yang dilakukan dalam melaksanakan evaluasi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:57
Last Modified: 21 Apr 2022 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4173

Actions (login required)

View Item View Item