Farida, Farida (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Playing Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Homonim Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
FARIDA_212101040081 WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Farida, 2025 Pengembangan Media Pembelajaran Playing Card Untuk
Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesua Materi
Kalimat Homonim Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Playing Card, Keaktifan Siswa, Kalimat
Homonim.
Kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
khususnya materi kalimat homonim menjadi latar belakang dilakukannya
penelitian ini. Salah satu solusi untuk mengatasi kurangnya keaktifan siswa pada
saat pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
playing card sebagai sarana yang menarik dan menyenangkan untuk
meningkatkan partisipasi siswa.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana model
pengembangan media pembelajaran playing card untuk meningkatkan keaktifan
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat homonim kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember? (2) Bagaimana kelayakan media
pembelajaran playing card untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat homonim kelas IV di Madrasah
Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember? (3) Bagaimana efektivitas media
pembelajaran playing card dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata
pelajaran bahasa Indonesia materi kalimat homonim kelas IV di Madrasah
Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk
mengetahui model pengembangan media pembelajaran playing card dalam
meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi
kalimat homonim kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember (2)
mengetahui kelayakan media pembelajaran playing card dalam meningkatkan
keaktifan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat hmonim
kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember (3) Untuk mengetahui
efektivitas media pembelajaran playing card dalam meningkatkan keaktifan siswa
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat homonim kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember.
Media pembelajaran playing card dikembangkan dengan menggunakan
metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE, yang mencakup
lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media ini dikembangkan dengan desain yang lebih
menarik dan informatif, serta penambahan barcode pada setiap kartu bergambar.
Kelayakan media dinilai sangat baik oleh ahli media (98%) dan ahli bahasa
(96%), serta layak oleh ahli materi (86%) dan ahli pembelajaran (84%).
Efektivitas media terlihat dari rata-rata nilai tes siswa sebesar 71,09%, dengan
peningkatan keaktifan siswa dari 49% pada kelas kontrol menjadi 75% pada kelas
eksperimen. Hasil angket siswa menunjukkan 99% respon positif,
mengindikasikan media ini sangat layak untuk meningkatkan keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060101 Analytical Biochemistry 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Farida Ahmad |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:15 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |