Analisis Penyelesaian Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPN 1 Pakusari Jember

Rhamadhani, Moch. Taufik (2025) Analisis Penyelesaian Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPN 1 Pakusari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Taufik Rhamadani WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Moch. Taufik Rhamadhani (2025): Analisis Penyelesaian Masalah Matematika
Berdasarkan Kemampuan Koneksi Matematis
Kata kunci: penyelesaian masalah, koneksi matematis
Matematika memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, serta dalam pengambilan keputusan di era kompetitif
saat ini. Penguasaan konsep matematika oleh siswa menjadi suatu keharusan,
terutama dalam konteks penyelesaian masalah yang sering dihadapi dalam
kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berfokus pada analisis penyelesaian masalah
matematika berdasarkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi
bangun ruang sisi lengkung di SMPN 1 Pakusari Jember. Hasil dari Programme
for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukkan bahwa Indonesia
berada pada peringkat yang mengkhawatirkan yaitu peringkat 69 dari 81 negara
dalam bidang matematika, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan
masalah matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyelesaian
masalah matematika siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang,
dan rendah. Dengan subjek siswa kelas IXA yang dipilih melalui teknik purposive
sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan koneksi matematis dan
penyelesaian masalah matematika, serta wawancara untuk menggali lebih dalam
cara berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan koneksi
matematis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data
melalui tes dan wawancara, serta analisis data menggunakan model Miles,
Huberman, dan Saldana. Peneliti melakukan observasi awal dan wawancara
dengan guru untuk menentukan subjek penelitian yang representatif. Hasil tes
kemudian digunakan untuk mengelompokkan siswa ke dalam kategori
kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang, dan rendah, yang selanjutnya
dianalisis untuk mendapatkan gambaran tentang cara penyelesaian masalah
matematika mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan koneksi
matematis tinggi mampu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan
rencana, dan memeriksa kembali penyelesaian masalah dengan baik. Siswa
dengan kemampuan koneksi matematis sedang menunjukkan kemampuan yang
baik dalam memahami masalah dan membuat rencana, namun mengalami
kesulitan dalam melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Sementara itu,
siswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah hanya mampu memahami
masalah tanpa dapat membuat rencana atau memeriksa kembali jawaban yang
diperoleh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam
pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan
kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Moch. Taufik Rhamadhani
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:08
Last Modified: 02 Jun 2025 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41786

Actions (login required)

View Item View Item