Strategi Bank Muamalat Cabang Lumajang dalam meningkatkan kepuasan nasabah khusunya pelayanan

Khoirunnisak, Khoirunnisak (2015) Strategi Bank Muamalat Cabang Lumajang dalam meningkatkan kepuasan nasabah khusunya pelayanan. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Khoirunnisak_NIM.083102067.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan perbankan syariah di Indonesia dipelopori dengan lahirnya Bank Muamalat Indonesia (BMI) pada tahun 1992, yang tentunya memberikan wajah baru bagi perkembangan perbankan nasional. Perbankan syariah beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil tanpa ada unsur riba yaitu sistem bunga seperti pada sistem perbankan konvensional, Dalam rangka membangun kepuasan nasabah, kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan bank sebagai perusahaan jasa dan tidak dapat dipungkiri dalam dunia bisnis saat ini, Kepuasan pelanggan sebelumnya akan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa. Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen. Berdasarkan latar belakang diatas, maka focus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana strategi Bank Muamalat Cabang Lumajang dalam meningkatkan kepuasan nasabah? Sedangkan sub focus penelitian adalah: 1) Apa sajakah strategi Bank Syariah dalam meningkatkan kualitas? 2) Bagaimana strategi Bank Muamalat Cabang Lumajang dalam meningkatkan kepuasan nasabah? Tujuan Umum Untuk mengetahui strategi Bank Muamalat Cabang Lumajang dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Sedangkan Tujuan Khususnya adalah 1) Untuk mengetahui apa saja strategi Bank Muamalat Cabang Lumajang dalam meningkatkan kepuasan nasabah. 2) Untuk mengetahui standar kepuasan nasabah bagi Bank Muamalat Cabang Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research), sedangkan subjek penelitian ini menggunakan sumber data primer, tekhnik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, wawancara dan documenter. Tekhnik Analisis data menggunakan deskriptif reflektif melalui 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi Bank Muamalat cabang lumajang dalam meningkatkan kepuasan nasabah khusunya pelayanan. Secera keseluruhan sudah sangat memuaskan bagi nasabah karena strateginya terlaksana dengan baik, CS, Teller dan security memegang peranannya masing-masing untuk membuat nasabah nyaman ketika bertransaksi, begitu pula kualitas yang di suguhkan bank muamalat sangat memadai sehingga mendukung nasabah untuk merasa nyaman ketika bertransaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bank, Kepuasan Nasabah, Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:27
Last Modified: 26 Jun 2019 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item