ANALISIS FLEKSIBILITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA TIPE WORKING BACKWARD STRATEGY DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Farhan, Ainur (2025) ANALISIS FLEKSIBILITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA TIPE WORKING BACKWARD STRATEGY DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainur Farhan_211101070018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Ainur Farhan, 2025 : Analisis Fleksibilitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Tipe Working Backward Strategy Ditinjau dari Jenis Kelamin.
Kata Kunci : Fleksibilitas, Masalah Matematika, Tipe Working Backward Strategy, Jenis Kelamin
Fleksibilitas merupakan salah satu komponen kreativitas yang penting dalam menyelesaikan suatu masalah. Seseorang yang mampu menerapkan komponen fleksibilitas dalam berpikirnya, maka pada saat memecahkan masalah, pikirannya mampu menyesuaikan dengan persamasalahan yang ada. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa fleksibilitas siswa tergolong rendah. Oleh karena itu, fleksibilitas menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan berbagai pengetahuan yang diketahuinya. Tipe soal yang bisa digunakan untuk melihat fleksibilitas siswa adalah tipe soal yang memiliki banyak cara penyelesaian seperti tipe working backward.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana fleksibilitas siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika tipe Working Backward Strategy ? 2) Bagaimana fleksibilitas siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika tipe Working Backward Strategy ?
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki – laki dan 2 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian ini adalah fleksibilitas siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah matematika tipe working backward strategy tidak memiliki perbedaan. Siswa laki-laki dan perempuan dapat menunjukkan fleksibilitas dalam memecahkan masalah matematika tipe working backward strategy yaitu mengubah arah berpikir secara spontan dalam berpindah cara saat membuat rencana dan melakukan perhitungan dengan benar saat melaksanakan rencana. Akan tetapi siswa laki-laki lebih cenderung menggunakan nalar saat mengerjakan soal tipe working backward dibandingkan menggunakan cara yang biasa diajarkan oleh guru saat pembelajaran sedangkan siswa perempuan lebih cenderung menggunakan cara yang diajarkan oleh guru saat pembelajaran karena saat menggunakan cara persamaan siswa perempuan sangat detail lalu akhirnya kesulitan dan beralih cara menggunakan working backward.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ainur Farhan
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:45
Last Modified: 02 Jun 2025 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41806

Actions (login required)

View Item View Item