Ayu Dita Rohman, Nur Indah (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BALOK DAN LIMAS KELAS VIII SMPN 1 RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nur Indah Ayu Dita Rohman_211101070027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Nur Indah Ayu Dita Rohman, 2025: Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Augmented Reality terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Balok dan Limas Kelas VIII SMPN 1 Rambipuji Jember.
Kata kunci: Augmented Reality, Pemahaman Konsep, Balok dan Limas
Pada pembelajaran geometri, siswa kerap mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan bentuk asli bangun ruang. Kesulitan ini muncul karena pendekatan yang digunakan di kelas masih mengandalkan representasi gambar dua dimensi. Oleh karena itu hadirnya teknologi Augmented Reality (AR) bisa dijadikan sebagai salah satu solusi inovatif yang dapat menampilkan objek geometri dalam bentuk visual tiga dimensi yang interaktif
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi balok dan limas sebelum diterapkan pembelajaran berbantuan media Augmented Reality di SMPN 1 Rambipuji Jember? 2) Bagaimana pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi balok dan limas sesudah diterapkan pembelajaran berbantuan media Augmented Reality di SMPN 1 Rambipuji Jember? 3) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbantuan media Augmented Reality terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi balok dan limas di SMPN 1 Rambipuji Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi balok dan limas sebelum diterapkan pembelajaran berbantuan media Augmented Reality di SMPN 1 Rambipuji Jember. 2) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi balok dan limas sesudah diterapkan pembelajaran berbantuan media Augmented Reality di SMPN 1 Rambipuji Jember. 3) Mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan media Augmented Reality terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi balok dan limas di SMPN 1 Rambipuji Jember.
Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, yaitu one group pre-test and post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum pembelajaran berbantuan media AR, pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 1 Rambipuji Jember 62,5% berada pada kategori sedang, 31,25% rendah dan 6,25% rendah. 2) Setelah pembelajaran berbantuan media AR, terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa dengan 65,625% siswa berada pada kategori tinggi, 34,375% sedang dan tidak ada siswa dengan kategori rendah. 3) Pembelajaran berbantuan media AR berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa, terbukti dari hasil uji-t berpasangan yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Rata-rata nilai pretest sebesar 58,984375 meningkat menjadi 75,78125 pada posttest dengan persentase peningkatan sebesar 16,796875% yang menunjukkann bahwa pengaruhnya bersifat positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Pemahaman Konsep, Balok dan Limas |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms nur indah ayu dita |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 09:01 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 09:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |