Fitriyah, Salsabilah Fardina (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Dengan Pendekatan Inquiry Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Fardina Salsabilah Fitriyah_212101040037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital pada pembelajaran IPAS. Pelajaran IPAS memerlukan metode dan media khusus dalam pembelajaran supaya peserta didik tidak merasa sulit, bosan dan pasif saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu perlu adanya inovasi berupa media pembelajaran berbasis microsite sebagai media pembelajaran IPAS dengan pendekatan inquiry siswa lebih aktif dan mudah dalam memahami pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni; 1) Bagaimana desain pengembanagan media pembelajaran berbasis Microsite dengan pendekatan inquiry pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo tahun pelajaran 2024/2025; 2)Bagaimana kelayakan pengembanagan media pembelajaran berbasis Microsite dengan pendekatan inquiry pada
mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Tahun pelajaran 2024/2025; 3)Bagaimana tanggapan peserta didik
terhadap kemenarikan pengembanagan media pembelajaran berbasis Microsite dengan pendekatan inquiry pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas V
di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Tahun pelajaran 2024/2025; 4)Bagaimana keefektifan pengembnagan media pembelajaran berbasis Microsite dengan pendekatan
inquiry pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Tahun pelajaran 2024/2025
Tujuan dari penelitian ini yakni; 1) Untuk mengetahui desain pengembangan media pembelajaran berbasis Microsite dengan pendekatan inquiry pada mata pelajatan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo tahun pelajaran 2024/2025; 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Microsite dengan pendekatan inquiry pada mata pelajatan Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Tahun pelajaran 2024/2025; 3) Untuk mengetahui tanggapan peserta didik
terhadap kemenarikan pengembangan media pembelajaran berbasis Microsite dengan pendekatan inquiry pada mata pelajatan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas V
di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Tahun pelajaran 2024/2025; 4) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran berbasis Microsite
dengan pendekatan inquiry pada mata pelajatan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sukorejo Tahun pelajaran 2024/2025
Penelitian ini menggunakan metode ADDIE hasil dari penelitian dan pengembangan yakni;1) Prosedur pengembangan ADDIE menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Microsite; 2) Perolehan skor validasi ahli media 96%, ahli materi 96% ahli bahasa 92%, dan ahli praktisi pembelajaran 96% termasuk kategori sangat valid; 3) Kemenarikan media dari uji coba memperoleh skor 92,25% termasuk pada kategori sanggat menarik; 4)Efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan Uji N-Gain diperoleh nilai yakni nilai 0,91% Skor tersebut menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan media sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060101 Analytical Biochemistry 10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100102 Agricultural Marine Biotechnology 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fardina salsabilah fitriyah |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:57 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |