PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Izmi Agustina, Nurul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Skripsi After Sidang Fiks_watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik yang harus mampu menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, paradigma pembelajaran diharapkan beralih dari teacher centered menjadi student centered. Namun, kenyataan di SMP Negeri 2 Silo Jember menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS masih didominasi oleh model konvensional yang membuat siswa pasif, tidak fokus untuk belajar di mana beberapa siswa seringkali terlihat becanda, berbicara dengan teman sebangkunya, ada juga siswa yang memang sengaja tidak mendengarkan guru ketika menyampaikan materi sehingga berpangaruh terhadap pemahaman materi IPS yang siswa peroleh, hal ini bisa dilihat ketika di dalam kelas apabila guru mengajukan pertanyaan siswa tidak ada yang menjawab, siswa belum mampu menjelaskan dengan bahasanya sendiri, serta kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam diskusi karena tidak paham terkait materi yang disampaikan. Hal ini menyebabkan rendahnya ketercapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran IPS.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Silo Jember tahun Pelajaran 2024/2025? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Silo Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Silo, dengan teknik pengambilan sampel Sampling Purposive sehingga diperoleh sampel kelas 7B sebagai kelas eksperimen dan kelas7A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa dari tiap-tiap kelas yang dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana.
Berdasarkan pembahasan serta hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Silo Jember tahun pelajaran 2024/2025, yang dibuktikan oleh hasil uji regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 < probabilitas 0,05. Sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak, hipotesis alternative (Ha) diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Pemahaman Konsep IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Izmi Nurul Agustina
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:34
Last Modified: 03 Jun 2025 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41853

Actions (login required)

View Item View Item