Implementasi manajemen kelas dalam mengembangkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember

Aifah Risqiyah, Novi (2025) Implementasi manajemen kelas dalam mengembangkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi__NOVI_212101030035_TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Novi Aifah Risqiyah, 2025: Implementasi Manajemen Kelas Dalam
Mengembangkan Efektivitas Pembelajaran Di SMK Islam Bustanul Ulum
Pakusari Jember
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran
Implementasi manajemen kelas sangatlah penting karena menjadi fondasi
terciptanya suasana belajar yang nyaman dan kondusif, dengan pengelolaan kelas
yang baik, guru bisa mengendalikan dinamika kelas sehingga proses belajar
mengajar berjalan lebih terarah dan efisien. Di SMK IBU manajemen kelas
diterapkan melalui penguatan disiplin siswa dan pembiasaan kegiatan spiritual.
Hal ini membantu meminimalkan gangguan, menjaga fokus siswa, dan
memastikan waktu pembelajaran digunakan secara optimal.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaturan peserta didik dalam
mengembangkan efektivitas pembelajaran dikelas X Sekolah Madrasah Kejuruan
Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember? 2) Bagaimana pengaturan sarana
prasarana dalam mengembangkan efektivitas pembelajaran di kelas X Sekolah
Madrasah Kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pengaturan
peserta didik dalam mengembngkan efektivitas pembelajaran di kelas X Sekolah
Madrasah Kejuruan Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember, dan 2) Untuk
mendeskripsian pengaturan sarana prasarana dalam mengembangkan efektivitas
pembelajaran di kelas X Sekolah Madrasah Kejuruan Islam Bustanul Ulum
Pakusari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis
penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk analisis data dimulai
dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah; Tahap
pra lapangan, Tahap pelaksanaan dan Tahap akhir atau pelaporan
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas memiliki
kontribusi yang sangat signifikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Implementasi manajemen kelas yang efektif di SMK Islam Bustanul Ulum
Pakusari Jember berhasil menciptakan lingkungan belajar yang nyaman,
mendukung keterlibatan aktif siswa, serta meningkatkan hasil pembelajaran. Yang
mana guru tidak hanya menjadi penyampai materi, tetapi juga berperan sebagai
pengelola suasana kelas dan fasilitator pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa
manajemen kelas yang terencana dan dilaksanakan dengan baik merupakan faktor
kunci dalam keberhasilan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: novi aifah novi aifah risqiyah
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:09
Last Modified: 03 Jun 2025 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41856

Actions (login required)

View Item View Item