Damayanti, Ervinna (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ERVINNA DAMAYANTI _233206030014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Ervinna Damayanti, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mundir, M.Pd. Pembimbing II: Dr.H. Moh. Sutomo, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Student Team Achievement
Division, Gaya Belajar, Hasil Belajar
Model pembelajaran menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar, karena berperan dalam membentuk perilaku serta proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah saat belajar. Keaktifan siswa dapat ditingkatkan apabila diterapkan model pembelajaran yang sesuai. Selain itu, terdapat faktor internal lain yang turut memengaruhi hasil belajar, salah satunya adalah gaya belajar. Gaya belajar merujuk pada cara individu dalam menyerap, mengatur, dan mengolah informasi secara efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu 1) Adakah pengaruh perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2024/2025? 2) Adakah pengaruh perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2024/2025? 3) Adakah pengaruh interaksi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2024/2025?
Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Rambipuji, sampelnya kelas eksperimen (Kelas VIII A) dan kelas kontrol (VIII B) yang berjumlah 52 siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan soal pre-test dan post-test serta angket. Analisis datanya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan Two Way ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division dan model pembelajaran konvensional 2) Terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik 3) Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ervinna Damayanti |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 04:40 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 04:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |