Upaya program bimbingan remaja usia sekolah (BRUS) melalui pengembangan keterampilan sosial dalam mencegah pernikahan dini di KUA Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang

Achtiar, Rani (2025) Upaya program bimbingan remaja usia sekolah (BRUS) melalui pengembangan keterampilan sosial dalam mencegah pernikahan dini di KUA Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_RANI_ACHTIAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Program Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS), Pengembangan
Keterampilan sosial, Pernikahan dini
Pernikahan dini masih menjadi isu penting di Indonesia, khususnya di
Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Salah satu alasan yang ditemukan oleh
peneliti, pernikahan dini di sebabkan dengan mindset, ketika anak lulus sekolah
memilih untuk menikah, karena kurangnya tentang konsep diri. Di lihat dari data
KUA Kecamatan Kunir dari tahun 2022, terdapat 55 kasus, tahun 2023 mencapai
53 kasus, dan tahun 2024 mencapai 55 kasus. Program BRUS yang diberikan
Kementrian Agama di lakukan oleh KUA Kecamatan Kunir dengan cara
mensosialisasikan salah satu materi pilihan yaitu remaja yang sehat. Kemudian
KUA mengembangkan program ini dalam rangka sebagai salah satu upaya untuk
mengurangi pernikahan dini di masa depan. Melalui pengembangan keterampilan
sosial seperti pelatihan hidroponik dan optimalisasi media sosial.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya program
BRUS melalui pengembangan keterampilan sosial dalam mencegah pernikahan
dini di KUA Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang? 2) Apa tantangan yang
dihadapi dalam implementasi program BRUS di KUA Kecamatan Kunir Kabupaten
Lumajang?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan upaya program
bimbingan remaja usia sekolah melalui pengembangan keterampilan sosial dalam
mencegah pernikahan dini di KUA Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. 2)
untuk menganalisis tantangan yang dihadapi dalam implementasi program BRUS
di KUA Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subjek penelitian terdiri dari 3 pihak KUA Kecamatan Kunir dan 5 siswi alumni
SMK Mifis. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive
sampling, yakni dengan menetapkan subjek yang dinilai memiliki pengetahuan dan
pengalaman yang relevan terhadap fokus penelitian.
Hasil temuan yang diperoleh bahwa. 1) upaya program BRUS yang
diberikan oleh pihak KUA Kunir selain melalui sosialisasi tentang pernikahan dini,
KUA memberikan inovasi tersendiri melalui program BRUS ini dengan cara
memberikan pengembangan keterampilan sosial seperti pelatihan hidroponik dan
optimalisasi media sosial melalui cara membuat poster edukasi di canva dan video
edukasi di tiktok. 2) tantangan yang dihadapi dalam pelaksaan program BRUS ini
kurangnya partisipasi remaja saat diberikan sosialisasi, tetapi saat diberikan praktik
langsung berupa pengembangan keterampilan sosial remaja menjadi kembali
antusias dan kurangnya dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: me Rani Achtiar
Date Deposited: 03 Jun 2025 06:09
Last Modified: 03 Jun 2025 06:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41881

Actions (login required)

View Item View Item