KORELASI PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN DAN PENGETAHUAN GIZI DENGAN PERILAKU MENJAGA POLA MAKAN SEHAT SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2024/2025

Eko Saputro, Muhammad Ichsan (2025) KORELASI PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN DAN PENGETAHUAN GIZI DENGAN PERILAKU MENJAGA POLA MAKAN SEHAT SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ICHSAN EKO SAPUTRA digilib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman Sistem Pencernaan; Pengetahuan Gizi; Pola Makan Sehat; Perilaku Siswa; Korelasi
Pola makan sehat berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mendukung pertumbuhan. Sistem pencernaan dan konsep dasar zat gizi merupakan materi semester ganjil kelas XI pada mata pelajaran biologi SMA. Sistem pencernaan merupakan saluran yang menerima makanan yang dikonsumsi oleh tubuh, sedangkan zat gizi adalah jenis-jenis zat yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi, namun pemahaman dan pengetahuan belum tentu selalu diikuti dengan perilaku yang positif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pemahaman materi sistem pencernaan dan pengetahuan gizi dengan perilaku menjaga pola makan sehat.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pemahaman materi sistem pencernaan siswa kelas XI di SMA Negeri Rambipuji. 2) Mendeskripsikan pengetahuan gizi siswa kelas XI di SMA Negeri Rambipuji. 3) Mendeskripsikan perilaku menjaga pola makan sehat siswa kelas XI di SMA Negeri Rambipuji. 4) Mengetahui korelasi pemahaman siswa pada materi sistem pencernaan dan pengetahuan gizi dengan perilaku menjaga pola makan sehat pada siswa kelas XI di SMA Negeri Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI yang telah menerima materi sistem pencernaan, dengan sampel sebanyak 99 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi soal test pengetahuan gizi, angket perilaku menjaga pola makan sehat, serta dokumentasi hasil post-test pemahaman materi sistem pencernaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan diperoleh hasil sebesar 10,1% dalam kategori sangat baik, 58,6% dalam kategori baik, dan 31,3% dalam kategori cukup, dengan nilai mean 82,9 yang tergolong pemahamannya baik. 2) Pengetahuan siswa tentang materi gizi diperoleh hasil sebesar 86,9% dalam kategori baik, dan 13,1% dalam kategori sedang, dengan nilai mean 91,7 yang tergolong pengetahuannya baik. 3) Perilaku siswa dalam menjaga pola makan sehat diperoleh hasil sebesar 22,2% dalam kategori sangat tinggi, 72,7% dalam kategori tinggi, 5,1 dalam kategori sedang, dengan nilai mean 91,7 yang tergolong perilakunya baik. 4) Tidak ada korelasi yang signifikan antara pemahaman siswa pada materi sistem pencernaan dan pengetahuan gizi dengan perilaku menjaga pola makan sehat siswa kelas XI di SMAN Rambipuji dengan perolehan nilai signifikansi 0,295 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini dapat dilihat dari nilai pearson correlation sebesar 0,159 yang terletak pada interval 0,000 - 0199 artinya “ sangat lemah.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Sistem Pencernaan; Pengetahuan Gizi; Pola Makan Sehat; Perilaku Siswa; Korelasi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mahasiswa Ichsan Ichsan
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:18
Last Modified: 03 Jun 2025 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41896

Actions (login required)

View Item View Item