Pengembangan Media Pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi

Aszahra, Yayang Zabina (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI YAYANG ZABINA REVISI FINAL UPLOAD watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Yayang Zabina Aszahra, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi.
Kata Kunci: Media, Eksplosion Box , Harmoni dan Ekosistem
Media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi, tujuan, kebutuhan, dan kondisi, serta memperhatikan efektivitas dan efisiensinya. Berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan bahwa minat dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPAS kurang, dengan antusiasme rendah dan kesulitan memahami materi karena keterbatasan media. Oleh karena itu, media pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) digunakan untuk meningkatkan antusiasme dan membantu pemahaman materi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, di antaranya: Bagaimana Proses Pengembangan media pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi? 2) Bagaimana Kelayakan dari Media Pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi? 3) Bagaimana Efektivitas Media Pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Proses Pengembangan media pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui Kelayakan dari Media Pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dan Ekosistem Kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan uji coba skala kecil pada 6 peserta didik dan skala besar pada 18 peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes, serta analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran Eksplosion Box Of Knowledge (EBOK) untuk mata pelajaran IPAS kelas VA di SD Negeri 2 Kaligondo Genteng Banyuwangi, 2) Hasil evaluasi dari tiga validator (ahli materi, bahasa, dan media) mencapai 89,53%, yang berarti sangat layak, 3) Uji efektivitas dengan Paired Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. ˂ 0,000 ˂ 0,05, menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan EBOK, serta uji N-Gain memperoleh skor 0,72 yang menunjukkan peningkatan sangat baik. Kesimpulannya, EBOK sangat efektif untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Yayang Zabina Aszahra
Date Deposited: 03 Jun 2025 09:29
Last Modified: 03 Jun 2025 09:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41910

Actions (login required)

View Item View Item