Pengembangan Media Pembelajaran Human Anatomy Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengethauan Alam dan Sosial kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Jember

Siti Maghfirotul, Hasana (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Human Anatomy Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengethauan Alam dan Sosial kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maghfirotul Hasana _212101040010-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Maghfirotul Hasana, 2024: “Pengembangan Media Human Anatomy Book
(Hanbook) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Jember”
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Human Anatomy Book , IPAS
Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung
pemahaman belajar siswa di sekolah sangatlah penting. Untuk menghasilkan
proses belajar yang berkualitas sebagai upaya meningkatkan penguasaan peserta
didik terhadap materi pembelajaran, seorang guru membutuhkan media
pembelajaran yang baik. Dengan adanya media pembelajaran, proses belajar
menjadi mudah dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media
pembelajaran human anatomy book pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial (IPAS) kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Jember.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana
proses mengembangkan media pembelajaran human anatomy book dalam
pembelajaran Ilmu pengetahuan alam dan social kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Gumelar Jember ? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan
media pembelajaran human anatomy book dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan
alam dan social kelas V Madarash ibtidaiyah amuhammadiyah Gumelar Jember ?
3) Bagaimana efektivitas pengembangan media pembelajaran human anatomy
book dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan social kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menghasilkan produk berupa
media pembelajaran human anatomy book, 2) Untuk mengetahui kelayakan
penggunaan media pembelajaran human anatomy book pada pembelajaran ilmu
pengetahuan alam dan social (IPAS) kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Gumelar Jember, 3) Untuk mengetahui keefektifan media
pembelajaran human anatomy book pada pembelajaran human anatomy book
kelas pada pembelajaran ilmj pengetahuan alam dan social kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bisa juga disebut
dengan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian
ADDIE yang telah dikembangkan oleh Dicky dan Carry (1996) yang terdiri dari
5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap design, tahap pengembangan, tahap
implementasi dan tahap evaluasi.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Produk yang
dihasilkan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah media pembelajaran
Human Anatomy Book materi cara kerja pernapasan manusia yang digunakan
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gumelar Jember. 2) Hasil
kelayakan media pembelajaran Human Anatomy Book yakni uji validasi ahli
media 93.3% uji validasi ahli materi 87.5% dan uji validasi ahli pembelajaran
95% yang berarti masuk kategori sangat layak untuk diuji cobakan. 3) Hasil dari
analisis keefektifan peserta diidk melalui pre-test dan post-test sebesar 83%
dengan menggunakan analisis N-Gain Score yang tergolong dalam kategori
efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Siti Maghfirotul Hasana
Date Deposited: 03 Jun 2025 09:02
Last Modified: 03 Jun 2025 09:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41913

Actions (login required)

View Item View Item