pengembangan media pembelajaran lapbook pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi kewajiban dan hak kelas 3A di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember

Kulsum, Ummi (2025) pengembangan media pembelajaran lapbook pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi kewajiban dan hak kelas 3A di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Fiks_Ummi_Kulsum[1] - watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Ummi Kulsum, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Lapbook pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi “Kewajiban dan Hak” Kelas 3A di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lapbook, Pelajaran Pendidikan Pancasila
Pemilihan media pembelajaran tentunya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Akan tetapi, berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas 3A Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember ditemukan sejumlah kendala yakni peserta didik di kelas 3A masih minim antusias dan kesulitan memahami materi terkait kewajiban dan hak karena belum adanya media yang memungkinkan. Maka dari itu perlu dikembangkan media pembelajaran Lapbook pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi kewajiban dan hak, dengan tujuan dapat menarik antusias dan membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran serta tidak cepat merasa bosan.
Peneliti pengembangan ini berfokus pada: 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran lapbook pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Kewajiban dan Hak” di kelas 3A Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember?. 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran lapbook pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi “Kewajiban dan Hak” di kelas 3A Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember?. 3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran lapbook pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi “Kewajiban dan Hak” di kelas 3A Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (analyze), Perancangan (design), Pengembangan (Development), Implementasi (implementation), dan Evaluasi (evaluation) dengan uji coba skala kecil pada 6 peserta didik dan skala besar pada 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media lapbook pada pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) materi “Kewajiban dan Hak” di kelas 3A Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember. 2) Hasil dari kelayakan yang dilakukan oleh ketiga validator yakni ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran ialah 94% yang berarti sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Hasil uji keefektifan menggunakan uji N-Gain diperoleh skor 0,812 yang artinya memiliki peningkatan yang tinggi sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Ummi Kulsum
Date Deposited: 03 Jun 2025 09:33
Last Modified: 03 Jun 2025 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41915

Actions (login required)

View Item View Item