Ali, Uswatun Khasanah (2025) Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Teori Polya Dalam Menyelesaikan Soal Pada Sub Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
USWATUN KHASANAH ALI_212101100020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Teori Polya, Getaran dan Gelombang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) karena menuntut penguasaan konsep serta keterampilan pemecahan masalah secara terstruktur. Meski demikian, masih banyak siswa yang mengalami hambatan dalam menyelesaikan soal-soal IPA, terutama pada submateri getaran dan gelombang. Hambatan ini disebabkan oleh lemahnya penguasaan konsep dasar, rendahnya kemampuan matematika, serta kurangnya motivasi dan minat belajar. Permasalahan tersebut menjadi semakin kompleks di sekolah berbasis pesantren seperti SMP Plus Darus Sholah Jember, yang memiliki aktivitas padat dan waktu belajar yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada sub materi getaran dan gelombang berdasarkan teori Polya, serta menelaah berbagai faktor yang memengaruhinya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kesulitan siswa berdasarkan teori Polya dalam menyelesaikan soal pada sub materi getaran dan gelombang kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember? 2) Faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan siswa berdasarkan teori Polya dalam menyelesaikan soal pada sub materi getaran dan gelombang kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi tes soal, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Creswell melalui bantuan software NVivo 12 Plus. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan, bahwa 1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada submateri getaran dan gelombang berdasarkan teori Polya berbeda-beda sesuai tingkat kemampuan. Siswa dengan kemampuan tinggi umumnya mampu menyelesaikan keempat tahap Polya, namun masih menghadapi kendala pada tahap pelaksanaan rencana dan peninjauan kembali. Siswa dengan kemampuan sedang mulai mengalami kesulitan sejak tahap menyusun rencana hingga mengevaluasi hasil. Sementara itu, siswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan menyeluruh sejak tahap memahami masalah hingga tahap akhir. 2) Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa meliputi faktor internal, seperti rendahnya minat, lemahnya motivasi, serta kondisi fisik yang kurang mendukung; dan faktor eksternal, seperti kurangnya dukungan keluarga, terbatasnya interaksi dengan guru, media pembelajaran, serta lingkungan pesantren yang padat kegiatan dan keterbatasan sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Uswatun Khasanah Ali |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 01:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 01:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |